Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu

0 38

Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batu

Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batu terdapat dibukit barau Riau. Cagar biosfir ini merupakan salah satu dari tujuh cagar biosfir ayang ada di Indonesia. Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batuini terletak pada dua wilayah di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak. Cagar Biosfir merupakan konsep kawasan konservasi dan budidaya flora dan fauna yang diaku secara internasional.
Kawasan Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batu ini merupakan multi fungsi karena terdiri dari kawasan konservasi, kemudian hutan produksi, lalu hutan terbatas, ada kewenangan masyarakat dan kewenangan pemerintah. Kawasan ini merupakan satu dari 22 lokasi yang diusulkan oleh 17 negara yang diterima.  Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batu merupakan kawasan khas Provinsi Riau karena di kawasan ini terdapat Hutan Rawa Gambut yang indah tidak ada duanya.
Karena hutan rawa gambut ini berbeda dengan hujan rawa gambut kebanyakan. Di sini memiliki kekhasan dengan hutan rawa gambut semenanjung Kampar yang memiliki sedikit rawa. Cagar biosfir ini didinisiasi oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam). Pihak swasta ini adalah perusahaan yang bernama Group Sinar. Dikawasan ini nama Group sinar cukup membaik dan mampu menginiasi perusahaan swasta. Dan disini juga terdapat banyan perkebunan sawit yang tidak wajar dan membuat khawatir nama Group Sinar.
Untuk menjaga Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batupemerintah bekerja sama dengan pihak TNI. Sampai saat ini ada sebanyak 120 personel gabungan dari Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diterjunkan ke lokasi tersebut untuk melakukan pengamanan kawasan hutan lindung dari aksi perambahan maupun pembakaran hutan dan lahan di sana. Untuk memasuki wilayah Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Bukit Batubukit batu di kabupaten Bangkelis Riau masih belum ditafsirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan.
Source http://tempatwisatadaerah.blogspot.com http://tempatwisatadaerah.blogspot.com/2014/06/cagar-biosfer-giam-siak-kecil-bukit-batu.html
Comments
Loading...