Cagar Alam Pananjung Wisata di Ciamis

0 170

Cagar Alam Pananjung

Cagar alam Pananjung ini merupakan objek wisata hutan satu-satunya yang ada di Pangandaran. Keadaan tofografi cagar alam ini landai dengan beberapa bagiannya terdapat tonjolan bukit kapur yang lumayan terjal. Cagar alam yang memiliki total luas mencapai 530 hektar ini benar-benar merupakan kawasan yang kaya flora dan fauna. Beberapa jenis flora bisa disebutkan semisal pohon kondang dan pohon benda. Tak heran, dengan keanekaragaman hayatinya yang tinggi membuat cagar wisata ini kondusif untuk dihuni oleh beberapa satwa seperti Monyet ekor panjang, Lutung, Kalong (Kelelawar), Banteng, Rusa, dan juga Landak.

Lokasi Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung berada di Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, jaraknya sekitar 60 km dari Kota Banjar. Berdekatan dengan objek wisata lainnya: Karang Nini, Cilacap dan Cijulang.

Jenis burung juga banyak ditemukan disini, seperti Cipeuw, Cangehgar, Tlungtumpuk, Jogjog, Biawak, Tokek, dan Ular. Dengan banyak flora dan fauna yang ada disini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berwisata. Makanya jangan heran kalau kawasan wisata cagar alam ini khususnya, dan Pangandaran secara umum tak pernah sepi dari pengunjung sekalipun bukan di momen-momen khusus seperti Lebaran, Natal, atau Tahun Baru.

Daya tarik lain dari kawasan cagar alam ini ialah banyak terdapat goa yang ada didalamnya, seperti Goa Panggung, Goa Parat, Goa Lanang, Goa Sumur Mudal dan juga Goa-goa peninggalan Jepang. Di dekat Cagar Alam Pananjung juga terdapat objek wisata lainnya: Batu Layar, Cirengganis, Pantai Pasirputih, Padang Penggembalaan Cikamal, padangrumput luas, dan cagar alam laut.

Source Jalan Wisata bandung
Comments
Loading...