Cagar Alam Napabalano, di Kab. Muna Barat

0 42

Cagar Alam Napabalano

Cagar Alam Napabalano merupakan kawasan konservasi tertua di Sulawesi Tenggara, ditunjuk berdasarkan SK. ZB. Van Buton No.4 Tahun 1919, tanggal 1 Juni 1919 (SK tidak ada). Sebelumnya CA Napabalano adalah Hutan Negara Latar belakang penunjukan sebagai cagar alam adalah karena kawasan ini memiliki tipe ekosistem hutan dataran rendah dan merupakan habitat jati (Tectona grandis) alam.
Cagar alam ini secara geografis terletak kurang lebih sekitar 4°38′ Lintang Selatan dan 122°43′ Bujur Timur. Secara administratif pemerjntahan termasuk wilayah Kelurahan Napabalano, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna Sedangkan secara administratif kehutanan termasuk dalam wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tampo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Muna Utara I, Kesatuan Pemangkuan Hutan Cabang Dinas Kehutanan (KPH -CDK) Muna.
Selain tertua, CA Napabalano juga merupakan kawasan konservasi terkecil di Propinsi Sultra, yakni seluas hanya 9,2 hektar, dengan batas-batas kawasan sebagai berikut: sebelah Utara berbatasan dengan Kel. Napabalano, sebelah Timur dengan jalan raya, di sebelah Selatan dan Barat dengan hutan produksi (jati).
CA Napabalano merupakan habitat berbagai jenis flora dan fauna. Jenis tumbuhan yang ada antara lain jati (Tectona grandis), beringin (Ficus benyamina), ippi (Intsia bijuga), waru (Hibiscus tiliaceus) dan eha (Castanopsis buruana). Sedangkan satwaliar yang berhabitat di dalam cagar alam ini antara lain rusa (Cervus timorensis), babi hutan (Sus spp), monyet hitam Sulawesi (Macaca ochreata), biawak (Varanus spp.) dan beberapa jenis burung seperti perkici hijau, betet Sulawesi, ayam hutan (Gallus gallus) dan merpati hutan.
Source http://wisata-kami.blogspot.com http://wisata-kami.blogspot.com/2008/05/cagar-alam-napabalano.html
Comments
Loading...