Cagar Alam Jantho, Paru-Paru Dunia di Aceh Besar

0 64

Cagar Alam Jantho merupakan sebuah kawasan yang dilindungi oleh pemerintah Nanggroe Aceh Darussalam. Keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat didalamnya, menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat ini juga sangat cocok bagi seorang pecinta alam sejati yang hobi berpetualang di alam liar. Secara administratif, hutan tersebut terletak pada Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi Cagar Alam Jantho, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer atau melakukan perjalanan selama satu jam dari Banda Aceh. Namun jika dari Kota Jantho, lokasinya cukup dekat hanya sekitar 9 kilometer saja.

Sebelum bertolak ke Cagar Alam Jantho, sebaiknya persiapkanlah terlebih dahulu kondisi fisik karena untuk menyusuri hutan tersebut diperlukan kondisi fisik yang prima. Selain itu, persiapkan perlengkapan seperti baju hangat, sepatu, perbekalan, dan alat-alat pendukung lainnya. Wisatawan juga harus melapor terlebih dahulu kepada pengelola untuk mendapat izin. Menikmati Cagar Alam Jantho, dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti tracking, atau bersepeda. Sebagian besar wisatawan lebih memilih untuk menggunakan sepeda, karena luasnya hutan sehingga lebih efisien. Ada pula yang menggunakan kendaraan seperti motorcross, namun tak disarankan karena bisa menggangu dan merusak ekosistem yang ada di dalam hutan.

Fasilitas Cagar Alam Jantho

Fasilitas yang terdapat pada Cagar Alam Jantho ini dapat dikatakan masih sangat terbatas. Hanya terdapat sebuah pos wisata yang terletak di pintu masuk dari cagar alam. Masih belum ditemukan fasilitas seperti kamar mandi umum, warung, serta fasilitas pendukung wisata lainnya. Namun wisatawan bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang ada didesa pada kaki Cagar Alam Jantho. Di desa tersebut, terdapat masjid bagi wisatawan muslim yang hendak melakukan ibadah sholat.

Terdapat pula warung, serta toko sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan untuk perbekalan ketika tracking ke hutan. Wisatawan juga bisa menggunakan kamar mandi warga setempat untuk sekedar bersih-bersih atau mandi. Tentunya, harus izin terlebih dahulu kepada sang pemilik. Jika ingin menginap, wisatawan bisa menginap di rumah warga setempat. Cagar Alam Jantho memang menawarkan pesona wisata alam yang cukup memukau sebagai alternatif wisata di Aceh Besar. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di cagar alam tersebut.

Menikmati Keindahan Alam

Cagar Alam Jantho menawarkan keindahan alam yang masih begitu alami serta belum terjamah oleh banyak wisatawan. Jika kamu hobi berpetualang, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata ketika berada di Aceh. Dengan bersepeda, kamu akan dimanjakan dengan banyak pepohoan hijau yang tumbuh di sisi kiri dan kanan. Selain itu, masih banyak pesona hutan yang bisa kamu nikmati seperti hutan pinus serta padang rumput dengan panorama yang memukau. Sebagai paru-paru dunia dan pusat konservasi, tak heran bila udara disini sangat segar dan sejuk. Tempat ini juga sangat cocok bagi seorang pecinta alam yang ingin menenangkan diri jauh dari keramaian ibukota.

Melihat Flora dan Fauna

Tak hanya menawarkan alam yang masih perawan, di tempat ini kamu bisa melihat berbagai flora fauna yang dilindungi. Terdapat bermacam hewan seperti gajah, harimau, orangutan, dan masih banyak lagi. Hewan-hewan tersebut memang disengaja hidup di alam liar agar tak terganggu oleh manusia. Tak perlu khawatir karena juga terdapat pawang yang telah berpengalaman menangani hewan liar. Di Cagar Alam Jantho juga terdapat beraneka macam jenis tumbuhan liar yang dilindungi seperti bunga raflesia, hutan pinus dan lainnya.

Hutan pinus menjadi tempat favorit wisatawan, karena disini kamu bisa merasakan ketenangan dibalik ratusan pohon pinus yang tumbuh subur. Kamu juga bisa memasang hammock untuk sekedar bersantai menikmati udara segar. Sayangnya, banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang sering melakukan penebangan sehingga ada beberapa pohon yang rusak.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Cagar-Alam-Jantho
Comments
Loading...