Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Kota Bitung

0 69

Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus

Cagar Alam Tangkoko adalah kawasan konservasi flora dan fauna di Gunung Tangkoko, Kabupaten Bitung, provinsi Sulawesi Utara. Kawasan konservasi ini untuk spesies yang terancam punah di Bitung terletak sekitar 70 kilometer dari Manado. Batuputih merupakan lokasi wisata yang paling di kenal di antara empat cagar alam yang ada oleh para wisatawan yang datang ke Tangkoko. Terletak sekitar satu jam perjalanan dari Manado, Anda akan melewati Taman Wisata Alam Batuputih yang terletak di antara kecamatan Batuputih Bawah dan Cagar Alam Tangkoko Batuangus.

Seluas 615 hektar, Batuputih Nature Park merupakan sabana yang cocok untuk berkemah, kegiatan outbound dan bersantai di tepi pantai. Saat memasuki Batuputih, Anda akan melihat pohon-pohon tinggi, terutama di gerbang pintu masuk. Di sebelah kiri, Anda dapat melihat pantai yang indah dan tempat istirahat. Tiket masuk untuk Batuputih dan Cagar Alam Tangkoko, termasuk biaya buku adalah Rp70.000. Bila bepergian di sekitar hutan, Anda akan menemukan peneliti mengamati perilaku binatang di Tangkoko seperti bahwa dari monyet hitam lokal (Macaca Nigra), Spectrum Tarsius, monyet terkecil di dunia dan berbagai jenis burung.

Tarsius adalah primata terkecil di dunia – hanya sekitar ukuran kepalan tangan – yang membuat Tangkoko perlindungan terakhir mereka dan hanya ditemukan di Sulawesi. Tarsius (Tarsius spectrum) terlihat sangat lucu karena mata piring besar mereka. Warga setempat mengenal mereka sebagai: Tangkasi Karena ini adalah binatang malam sehingga mereka dapat diamati hanya pada malam hari. Para yaki (Macaca nigra), endemik di Sulawesi, biasanya datang dalam kelompok-kelompok sosial yang besar, dan dapat terlihat bermain, berkelahi atau grooming sendiri. Sementara kuskus, sebuah binatang bersaku dapat dilihat antara pohon-pohon ketika seseorang sangat beruntung

Source https://www.triptrus.com https://www.triptrus.com/destination/432/cagar-alam-gunung-tangkoko-batuangus
Comments
Loading...