Buttu Gigi Enrekang

0 11

Buttu Gigi

Salah satunya pegunungan padang rumput dan pemandangan luas beserta alam seisinya yang membuat mereka panah dengan keindahan alam ciptaan-Nya. Mengarungi pegunungan yang ditemani dengan angin sepoi-sepoi yang terkadang berhembus kencang menyergap dari atas bukit di Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja. Berada salah satu kecamatan Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Enrekang menyimpan keindahan alam yang sungguh mempesona, yakni Buttu Gigi.

  

Buttu Gigi merupakan bukit padang savana baru yang diangkat melalui inisiatif remaja dan pemuda setempat yang sering diunggah fotonya di sosial media, sehingga bukit ini menjadi salah satu incaran para pengunjung di kota Makassar. Kendati demikian, wisata Buttu Gigi masih belum masuk dalam radar pemerintah kabupaten Enrekang. Sehingga belum ada pihak yang serius mengelola tempat ini sebagai salah satu objek wisata di Bumi Massenrempulu.

Lokasi wisata Buttu Gigi sejatinya tidak jauh dari Gunung Bambapuang. Didekatnya ada juga objek wisata Bukit Saletta dan Buttu Macca. Ketiganya berada dalam kawasan perkampungan disebut Kotu. Sejauh mata memandang, tersaji hamparan ilalang yang sangat luas. Pemandangan persis seperti setiap backgroud film india saat sang actor dan aktrisnya menari dan bernyanyi, seperti itulah gambaran dari pemandangan di Buttu Gigi.

Di dataran pegunungan setinggi 2.447 meter tersaji padang rerumputan dan ilalang yang dihiasi keras dan kokohnya bebatuan cadas memberikan kenikmatan tersendiri kala penikmat surga dunia terbuai dalam sebuah impian saat memandangnya. Ada juga permukaan batu yang muncul membentuk sebuah pijakan, pohon kecil yang menghiasi dibeberapa tempat, hingga panorama gunung dan awan yang nampak dari tepian tebing. Keindahan pemandangan alam makin sempurna kala matahari yang tenggelam pelan diantara pegunungan, sehingga membuat suasana semakin romantis.

Tepat sore hari pemandangan alam menyertai dan penuh inspirasi dapat bisa dihabiskan dari permukaan Buttu Gigi. Paduan warna rumput hijau dan kuning keemasan di bawah matahari, rasanya tak bosan-bosanya untuk dipandang. Ada pula puncak tebing yang menjorok curam, yang sangat kontras berpadu dengan pepohonan lebat nan hijau. Indah dipandang seakan dalam dunia impian. Dipemandangan nan indah ini sangat pas bagi anda yang ingin mengabadikan momen dengan foto-foto dibanyak objek. Bagi pengunjung yang hobi swafoto, ada banyak lokasi yang bisa menjadi pilihan utama.

Dengan sejuknya angin menjadi godaan yang sulit untuk ditolak bagi para petualang gunung untuk memelihatnya. Berlama-lama duduk hanya sekadar menanti senja atau bercengkrama menikmati alam semesta merupakan tujuan dari penikmat surga alam dunia. Sejatinya hanya butuh sekitar lima menit untuk sampai ke kaki bukit dari lokasi parkir kendaraan. Dari lokasi parkiran, setelah itu baru petualangan dimulai.

Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh dan tinggi, dan menempuh pegunungan melalui jalan setapak yang membelah ladang jagung. Tidak bisa menahan semangat para pencinta alam untuk mencapai puncak, apalagi ditemani dengan semilir angin pengunungan yang mampu pemompa semangat, jiwa dan raga sepanjang perjalanan. Jika beruntung, bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua bisa dipaksa masuk hingga kaki bukit. Namun pada musim panen jalan ditutup untuk umum, karena masyarakat setempat menggunakan jalan tersebut untuk lalu-lalang mengangkut hasil panen jagung.

Source http://wisata.pesona.travel http://wisata.pesona.travel/content/detail/keindahan-gurun-savana-buttu-gigi-yang-alami
Comments
Loading...