Buntu Liarra, Negeri Atas Awan Sulawesi Barat

0 49

Buntu Liarra

Negeri di atas awan ini merupakan salah satu tempat yang paling terpopuler di mamasa saat ini. Tempat wisata ini memiliki gumpalan awan yang begitu indah dan dapat di lihat dari ketinggian puncak pegunungan liarra. Selain itu juga liarra memiliki alam yang masih utuh dengan pepohonan besar yang mengelilingi tempat tersebut, sehinggap kesejukan alami alam tersebut dapat kita rasakan.

Gumpalan awan puncak gunung liarra atau sering di sebut buntu liarra dapat kita saksikan mulai pukul 06.00 pagi sampai 11.00 siang, dengan pemandangan awan hadir dengan nuasa yang berbeda. Keindahan pemandangan lautan awan buntu liarra sangat di minati aleh anak mudah mamasa maupun wisatawan luar wilaya bahkan mancanegara.
Mamasa juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuat banyak orang takjuk baik dari segi budaya, adat-istiadat, upacar, tatoleransi antar beragama dan pesona alam wisata yang sangat menakjudkan. Pegunungan liarra layak masuk di dalam daftar kunjungan wisata yang perlu di kunjungi ketika kita berada di mamasa atau bumi kondosapata.
Lokasi buntu liarra tidaklah jauh dari mamasa. Jarak tempu dari kota mamasa ke desa balla peu, kec. Balla hanya berkisar sekitar 20 menit ketika kita menggunakan kendaraan roda dua. Setelah sampai di daera balla peu kita akan melakukan pendakiaan ke gunung liarra. Untuk menggapai pyncak buntu liarra ini di butukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai di puncak gunung tersebut.
Sesampai di puncak gunung liarra pengunjung akan di manjakan oleh pemandangan alam yang begitu menakjudkan. Di pagi hari matahari akan terbit dari balik gumpalan awan sehinggap menambah indanya pemandangan tersebut. Ketika kita berada di puncak gunung liarra kita akan melihat lautan awan yang lebih rendah daripada gunung tersebut sehinggap membuat kita seolah-olah berada di aras awan.
Salah stu pengunjung yang sempat saya wawancarai dia berkata bahwapuncak gunung liarra lebih menarik daripada lolai toraja yang pemandangan awannya hanya dapat di lihat mulai pukul 06.00 – 09.00 pagi. Sedangkan di puncak gunung liarra kita dapat menikmati pemandangan lautan awan mulai pukul 06.00 pagi sampai 11.00 siang
Ternyata dia suda duakali ke liarra tetapi dia tidak perna bosan dengan gumpalan awan liarra tersebut. Hanya sayangnya buntu liarra belum mempunyai fasilitas-fasilitas apapun jadi kita harus membawa fasilitas-fasilitas tersebut dari rumah. Padahal ketika tempat wisata ini di kelolah dengan baik pasti akan memberikan banyak efek perekonomian masyarakat.
Source https://wisatacoi.blogspot.com https://wisatacoi.blogspot.com/2018/11/negeri-di-atas-awan-buntu-liarra-desa.html
Comments
Loading...