Bunga Ungu di Oro-oro Ombo Semeru

0 37

Oro-oro Ombo

Salah satu bagian Gunung Semeru yang terkenal adalah Oro-oro Ombo. Di sana tumbuh bunga berwarna ungu yang sering disangka lavender. Ternyata, bunga ini boleh dipetik, tapi dengan syarat tertentu! Beberapa waktu lalu saya bersama beberapa teman melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Ada yang berbeda kali ini, sebelum melakukan pendakian, seluruh pendaki harus mengikuti briefing yang dilakukan oleh tim perijinan pendakian.

Tujuannya untuk menjaga keselamatan pendaki dan pelestarian lingkungan di kawasan Gunung Semeru. Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah informasi tentang tanaman berwarna ungu yang tumbuh subur dan indah di area Oro-oro Ombo.  Banyak orang mengira tanaman tersebut adalah lavender, namun ternyata bukan. Tanaman ini adalah Verbena Brasiliensis Vell yang berasal dari keluarga Verbenaceae yang merupakan tumbuhan semak tahunan atau berumur pendek.

Di balik keindahannya, tanaman ini menyimpan ancaman ekologis. Karena menyerap air sangat banyak dan cepat membuat daerah di sekitarnya kekeringan.  Tanaman ini juga bersifat invasif, jika perkembangannya tidak dikendalikan akan menguasai habitat dan menggeser tanaman asli TNBTS yang khawatirkan akan mengganggu ekosistem. Kini Verbena Brasilienis vell ini telah menguasai sekitar 20 hektare di kawasan Oro-oro ombo.

Salah satu cara mengendalikan penyebaran tanaman ini adalah dengan mengisolasi habitatnya. Pemanenan bunga sebelum buahnya masak dapat mengurangi resiko penyebaran biji. Tim dari perijinan pendakian pun mengijinkan untuk memetik bunga Verbena Brasiliensis Vell ini, namun dengan catatan. Dengan niat mengisolasi pertumbuhannya yang invasif, setelah memetik bunga ini jangan sampai tercecer di tempat lain di kawasan TNBTS. Karena bisa jadi malah membantu penyebarannya.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2986726/bunga-ungu-di-oro-oro-ombo-semeru-boleh-dipetik
Comments
Loading...