Bunati Beach : Wisata Pantai di Kabupaten Tanah Bumbu

0 33

Cukup unik pantai satu ini, mungkin satu satunya pantai di dunia yang dinding pantainya menyingkap lapisan batubara. Lokasi pantai ini di pesisir Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Sebaban Dua, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.  Posisi dikanan jalan trans Banjarmasin – Batulicin, tepatnya di km 194.  Lebih kurang 5 menit dari desa Sebaban Dua.  Dari arah jalan kita harus melewati perkebunan sawit PT Sanjang Heulang, kemungkinan bos sawitnya orang Sunda karena menggunakan ‘eu’.

Pantai ini sudah dikenal masyarakat untuk rehat di sore hari sambil menunggu senja.  Sebagian pantai berpasir kecoklatan, datar, luas, asri, mobil motor dapat masuk ke pantai, serta ombak laut tidak terlalu tinggi.  Singkapan batubara terletak di sebelah kanan atau selatan pantai.  Sensasi agak berbeda, karena biasanya kalau pantai berdinding batugamping tetapi ini batubara si hitam manis yang bersentuhan dengan debur ombak.

Yang hobi mancing jangan lupa bawa peralatan pancingnya karena banyak spot mancing di sekitar pantai ini. Usul, sebaiknya pantai ini jadi tempat laboratorium alam atau tempat ekskursinya para mahasiswa tambang atau geologi daerah Kalimantan.  Supaya mahasiswa dapat melek batubara dengan cara deskripsi batubara secara langsung yang ditemani deburan ombak laut selat Karimata yang tidak terlalu tinggi.  Meleknya jangan hukum dan politik saja, batubara juga harus dimelekin, karena sebagai salah satu sumber energi dan kekayaan negara.

Batubara pantai Bunati masuk kedalam formasi Warukin, terbentuk kala Miosen.  Miosen itu 5-23 juta tahun yang lampau, cukup tuwir juga nich batubara.  Berkilap kusam, masih dijumpai struktur kayu dan resin.  Pokoknya pantai ini berbeda dengan pantai lainya, dijamin 100%.  Silahkan menikmati  indahnya matahari terbit dan tenggelam dari pantai Bunati bersama keluarga dan kerabat.

Source https://ngirittraveler.com https://ngirittraveler.com/2015/02/17/bunati-beach/
Comments
Loading...