Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Sumedang

0 246

Bumi Perkemahan Kiara Payung

Bumi Perkemahan Kiara Payung merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Sumedang. Buper kiara payung ini tepatnya berada di Jalan Kiara Payung – Jatinangor, atau lebih dikenal dengan Jalan Raya Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata ini berada pada ketinggian 900 mdpl ini, secara administrasi, sebagian besar wilayahnya termasuk ke Kecamatan Tanjungsari, Sumedang. Letak bumi Perkemahannya itu sendiri berada pada kaki Gunung Manglayang (1.650 mdpl). Pintu gerbang Bumi Perkemahan Kiara Payung yang pernah diadakan Jambore Nasional pada tahun 2006 ini mudah dikenali yakni berupa sebuah Tugu Tunas Kelapa.

Keindahan Bumi Perkemahan Kiara Payung

Bumi perkemahan Kiara Payung Jatingaor Sumedang ini memiliki bentang alam yang indah. Udaranya dingin, apalagi pada malam hari, udara akan turun drastis dengan disertai angin kering.  Dari tempat ini sebenarnya terdapat jalur lintas menuju tempa wisata Batu Kuda, di bawah kaki Gunung Manglayang. Dan di sekitar tempat ini terdapat sebuah benda bersejarah yaitu Menara Loji yang terdapat di Kampus Unwin. Menara Loji ini dibangun pada jaman belanda yaitu sekitar tahun 1800-an.

Akses Menuju Bumi Perkemahan Kiara Payung

Untuk menuju lokasi Buper ini dapat ditempuh cukup mudah, Artinya banyak akses menuju lokasi yang berpanorama alam indah ini. Dari Jakarta bisa dilalui dengan Tol Cileunyi. Keluar pintu Tol Cileunyi, perjalanan tinggal dilanjutkan menuju arah Sumedang. Sebenarnya tidak begitu jauh arahnya dari arah pintu Tol Cileunyi, hanya sekitar berjarak 3 – 4 km saja. Jadi tempat ini memang tidak begitu jauh dari perbatasan Bandung – Sumedang.  Belum sampai ke universitas padjadjaran, Anda cukup berbelok ke arah kiri, yaitu Jalan Winaya Mukti (dulu di sini ada Universitas Winaya Mukti atau dikenal dengan UNWIN), selanjutnya tinggal lurus saja ke atas.

Transportasi Bumi Perkemahan Kiara Payung

Dan jika ingin menggunakan angkutan umum pun, dari bandung kota, tempat ini mudah dijangkau. Anda hanya perlu menaiki bis kota dari Dipati Ukur (yang biasa mangkal di depan UNPAD Dipati Ukur) menuju Unpad Jatinangor, turun di Jalan UNWIN (universitas Winaya Mukti), lalu untuk sampai ke atas perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojeg. Selain bis kota, Jalan Raya Jatinangor pun merupakan Jalan lintas yang selalu dilalui oleh banyak angkutan dari bandung (terminal cicaheum) menuju Cirebon, Tegal, dan ke arah Jawa Tengah lainnya, sehingga persimpangan jalan menuju kiara payung ini bisa dilalui oleh banyak kendaraan dari arah terminal Cicaheum (Bandung) atau sebaliknya.

Source Jalan Wisata infowisata
Comments
Loading...