Bumi Bangun Lestari : Tempat Wisata di Berau

0 43

Bumi Bangun Lestari

Taman wisata Bumi Bangun Lestari terletak di Kecamatan Sambaliung, desa Trans Bangun. Letaknya sekitar 5 km dari pusat kota, Tanjung Redeb. Taman wisata ini baru saja dibuka awal Juli 2017.

Begitu memasuki kawasan taman, akan mendapati hutan karet yang asri. Terdapat banyak zona nyaman untuk bermain bersama buah hati. Aneka ayunan dari tali, bambu, dan ban bekas bergelantungan di sekitar area taman.

Masuk lebih dalam, menikmati zona foto dengan background yang unik dan menarik. Serta beberapa caption yang sayang untuk dilewatkan dari lensa kamera.

Taman wisata Bumi Bangun Lestari juga menyuguhkan arena outbound untuk anak. Beberapa sepeda disediakan untuk mengarungi rute sepeda yang sudah ada. Jaring tali untuk memanjat, serta rumah pohon yang paling banyak diminati.

Tak hanya itu, taman ini memiliki beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk melepas lelah atau menikmati makanan.  Bagi umat muslim, tersedia fasilitas musala untuk menunaikan kewajiban.

Taman yang dikelola di atas tanah sekitar 3 hektar ini masih terus berkembang. Fasilitas terbaru yang dimiliki adalah sepeda air. Taman ini dirintis oleh perorangan yang niat awalnya memang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Itu sebabnya segala fasilitas dibandrol dengan harga relatif murah.

Informasi ini didapatkan dari seorang pekerja yang juga sebagai pemilik usaha taman. Awal mula didirikannya taman tersebut memang dari kesepakatan warga sekitar yang ingin mengubah kebun karet menjadi taman wisata. Mereka dengan kreatifitasnya menyulap lahan pohon karet menjadi arena bermain untuk anak-anak.

Untuk tiket masuk, cukup merogoh kocek rp5.000 per orang. Dengan tiket masuk tersebut, bisa menggunakan semua fasilitas di taman terkecuali sepeda air. Untuk sepeda air dikenakan tarif rp20.000 per 15 menit. Cukup lumayan untuk melihat sisi taman dari sudut pandang berbeda.

Uniknya di taman ini bisa membawa dan memasak sendiri di area taman. Ya, walau sebenarnya agak sedikit mengganggu, tapi cukup menciptakan suasana yang berbeda dari taman yang lain. Bagi yang tak mau repot, ada berderet kedai yang menjual aneka makanan dan minuman, lagi-lagi dengan tarif standar.

Akses jalan menuju taman sangat disayangkan karena masih berupa sirtu. Namun tidak terlalu jauh, hanya sekitar tiga ratus meter saja. Juga fasilitas area parkir yang masih kurang memadai, terlebih jika di akhir pekan, saat ramai pengunjung.

Taman wisata Bumi Bangun Lestari bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan weekendbersama keluarga. Karena selain mudah diakses, juga mengajarkan anak akan kecintaan terhadap alam semesta. Menumbuhkan sisi sosial anak agar tak hanya bergantung dengan games dan gawai.

Source http://teedeandria.blogspot.com http://teedeandria.blogspot.com/2017/09/menghabiskan-waktu-di-bumi-bangun.html
Comments
Loading...