Warning: unlink(/tmp/d444b0c5dce3bde2702f8c5694eb514d-mO8UAY.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Bukit Tamangura : Spot Foto Keren di Maros

0 42

Bukit Tamangura

Bukit Tamangura di Dusun Samariga Desa Baruga Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros Sulawesi Selatan menyimpan keindahan tersendiri. Dari bukit yang terletak tidak jauh dari kawasan wisata unggulan, Rammang Ramang Maros ini dapat dilihat indahnya gugusan karts dan hamparan sawah di sekitarnya, juga indahnya matahari terbenam di ufuk barat.

Bukit Tamangura mulai populer dan mulai dikunjungi warga, serta sejumlah wisatawan lokal pada akhir tahun 1990-an hingga awal tahun 2000. Bersantai di puncak bukit sambil menikmati pemandangan alam menjadi daya tariknya. Ditambah keberadaan batu unik yang bentuknya menyerupai badan kerbau. Posisi batu ini berada di tepi jurang dan menempel di bukit batu tanpa bersambungan langsung dengan batu yang lainnya.

Mengunjungi Bukit Tamangura bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Diantaranya dari jalan poros Maros-Pangkep di daerah Salenrang, berbelok menuju jalan poros arah ke pabrik Semen Bosowa Maros hingga ke Dusun Samariga hingga sebuah bukit batu terlihat dari sisi kiri jalan. Kemudian berjalan kaki kurang lebih 10 hingga 15 menit menuju objek situs batu kerbau tersebut.

Sementara di beberapa sawah yang bermunculan di antara batu-batu karst di sekitar desa itu dipercaya sebagai darah kerbau yang akhirnya menjelma menjadi batu. Masyarakat sekitar pun percaya, situs batu dan tradisi lisan Tamangura menjadi bukti dan memuat pelajaran untuk jangan pernah berlaku sombong.

Kini Bukit Tamangura tidak setenar dulu lagim beberapa penambang batu mulai merangsek mengepungnya, entah sampai kapan situs ini akan mampu bertahan. Maka kunjungilah sebelum batu kerbau itu benar-benar punah.

Source http://www.ihsyah.web.id http://www.ihsyah.web.id/2016/09/legenda-situs-kerbau-bukit-tamangura.html
Comments
Loading...