Bukit Shaduali Menikmati Indahnya Kota Batusangkar dari Ketinggian

0 28

Bukit Shaduali

Bukit Shaduali adalah salah satu objek wisata berupa pemandangan alam yang ada di sekitar 7 km dari pusat Kota Batusangkar ibukota Kabupaten Tanah Datar, tepatnya di Jorong Panti dan Jorong Pabalutan, Nagari Rambatan, Kecamtan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Bukit ini merupakan tujuan kunjungan dari masyarakat baik di sekitar Kota Batusangkar dan beberapa wisatawan dari luar daerah. Letaknya yang strategis dan tidak jauh dari jalan raya juga menjadi kelebihan tersendiri. Karena bentuk yang menjulang tinggi, membuat pemandangan dan panorama di puncak bukit ini dapat dilihat sejauh 360 derajat tanpa halangan. Inilah keistimewaan Panorama Shaduali ini bila dibandingkan dengan kawasan puncak lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Saat yang paling baik untuk pergi ke tempat ini adalah pada pagi hari saat matahari terbit dan sore hari saat matahari mulai terbenam di sisi Gunung Marapi yang sangat jelas terlihat dari BukitShaduali ini. Pastikan juga jika anda kesini cuaca cukup cerah agar anda dapat menikmati indahnya tempat ini.

Di arah selatan Pemandangan Danau Singkarak dengan pagar bukit yang mengelilinginya. Demikian pula, jika menghadap ke barat, Gunung Merapi yang cukup gagah dengan hamparan sawah di kakinya seakan-akan menjanjikan kemakmuran bagi masyarakat Kabupaten Tanah Datar. Bukit Shaduali dahulunya merupakan ajang berburu bagi para pecandu buru babi Sumbar, Riau dan Jambi. Tetapi, kini Shaduali menjadi tujuan wisata.

Fasilitas di objek wisata ini bisa dikatakan cukup baik. Jalan menuju puncak sudah di beton yang mulus dan tidak berlubang sama sekali. Untuk menuju ke Bukit Shaduali ini, dari pusat Kota Batusangkar anda bisa mengendarai mobil atau motor dengan waktu tempuh hanya 15 menit. Pada awalnya ambil jalan menuju Terminal Bus Piliang, setelah itu anda teruskan perjalanan ke Jalan Raya Batusangkar Ombilin.

Setelah melewati jembatan sejauh 100 m. Anda akan menemukan papan nama “Objek Wisata Bukit Shaduali” di dekat kantor Bulog. Setelah itu, ambil simpang ke kiri dan anda akan menempuh jalan beton yang mulus disertai deretan rumah warga di kaki bukit ini. Nikmatilah pemandangan menuju ke puncak hingga anda menemukan view yang indah di tempat ini.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/bukit-shaduali-menikmati-indahnya-kota-batusangkar-dari-ketinggian.html
Comments
Loading...