Bukit Sakura Lawu, Karanganyar

0 23

Bukit Sakura Lawu

Bukit Sakura Lawu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi di Dusun Tlogodringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk sampai destinasi tersebut traveler dapat memakai alat transportasi pribadi atau alat transportasi umum. Jika memilih alat transportasi umum, bisa menyewa ojek di Pasar Tawangmangu. Sedangkan, bila memilih menggunakan alat transportasi pribadi, traveler cukup mencari petunjuk jalan agar sampai di Bukit Sakura Lawu Karanganyar. Sedangkan urusan akomodasi bisa memilih hotel di Solo maupun yang ada di Karanganyar karena kedua daerah ini letaknya berdekatan.

Pembangunan Bukit Sakura Lawu Karanganyar dilakukan oleh perusahaan Toyota Indonesia. Toyota Indonesia kembali memperlihatkan keberpihakannya kepada alam. Penanaman pohon sakura dilakukan pada awal tahun 2018. Pada saat itu, penanaman baru dilakukan 60 pohon. Bukit Sakura Lawu Karanganyar yang dibangun Toyota Indonesia ini memang menjadi satu-satunya bukit sakura yang terletak di lereng Lawu. Kedepannya akan dijadikan pilihan wisata alam unik di Jawa Tengah. Luas lahan perhutani yang digunakan untuk Bukit Sakura Lawu Karanganyar ini sebesar 1,2 hektar.

Saat ini wisatawan Indonesia tak perlu lagi sampai ke Jepang untuk melihat betapa indahnya bunga sakura. Cukup datang saja ke Tawangmangu. Selain awal tahun 2018 lalu, penanaman pohon sakura juga dilaksanakan pada bulan Maret 2018 di tahun yang sama. Penanaman ini dilakukan hingga 40 pohon sakura. Dalam pembibitan dan penanaman sakura, Toyota selalu bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait seperti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lembaga Perhutani, LIPI dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ini berarti, terdapat partisipasi yang besar dari berbagai kalangan mulai dari kalangan akademis, komunitas, bisnis hingga pemerintah.Tawangmangu sendiri merupakan sebuah kawasan wisata alam pegunungan yang berlokasi di perbatasan antara Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Karena berlokasi di lereng Gunung Lawu, tempat ini memiliki suhu udara yang sangat sejuk serta sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh taman sakura.Obyek wisata alam ini, selain untuk berlibur juga dapat dijadikan sebagai lahan konservasi sakura. Dengan keberadaannya, diharapkan akan meningkatkan citra positif eko wisata asri di Solo Raya pada khususnya dan Provinsi Jawa Tengah pada umumnya.

Source http://grandamirahotel.com http://grandamirahotel.com/bukit-sakura-lawu-karanganyar-wisata-alam-baru-di-solo-raya/
Comments
Loading...