Bukit Putung di Karangasem, Bali

0 36

Bukit Putung

Bukit Putung merupakan salah satu destinasi wista alam di daerah perbukitan yang terletak di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Objek wisata ini berjarak sekitar 67 km dari bandara Ngurah Rai Denpasar. Dan untuk mencapai objek ini kita dapat melalui Jalan By Pass Ngurah Rai ke arah timur lalu dilanjutkan menuju ke Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra menuju arah Klungkung. Dari Klungkung lalu menuju ke kabupaten Karangasem dan sampai di tujuan kira-kira menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Area ini dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi selain bis karena jalan di sekitar objek wisata yang kecil dan medan tanjakan yang mendominasi.

Asal Mula Bukit Putung

Bukit putung, sekilas jika kita mendengar nama objek wisata ini terdengar agak aneh dan unik di telinga. Pasalnya, nama tersebut diberikan karena adanya sejarah asal-usul tempat ini. Dalam bahasa Bali kata “Putung” diambil dari asal kata “Putus” yang berarti tidak mempunyai keturunan. Konon menurut legenda, warga yang tinggal di bukit Putung ini dikenai kutukan oleh seorang dukun pintar yang merasa dicurangi. Dukun sakti ini dibunuh oleh para warga disebabakan karena kekayaan sang dukun yang ingin dirampas oleh para warga. Sebelum ajalnya, sang dukun yang merasa dikhianati mengutuk warga bukit tersebut supaya kelak dikemudian hari semua warga laki-lakinya tewas dan tak satupun dari mereka tersisa yang berarti habislah keturunan warga di bukit ini (Putung).

Keindahan Bukit Putung

Bukit Putung ini memiliki panorama alam yang mengagumkan, yang merupakan kombinasi antara pegunungan dan laut dari kejauhan. Secara lebih spesifik bukit Putung terletak pada daerah pegunungan yang dikelilingi oleh pepohonan lebat seperti pakis saji, pohon kelapa dan terutama pohon salak. Hal tersebut membuat tempat ini begitu sejuk. Dari atas bukit kita dapat menyaksikan garis pantai pada dermaga di wilayah kecamatan Manggis. Sesekali monyet-monyet yang sedang bergelantungan di pohon kelapa dapat kita lihat dengan jelas.

Pemandangan di bawah lembahnya akan tampak terlihat petak-petak sawah yang berada di wilayah desa Buitan, dengan lautnya yang membentang luas membiru serta terlihat kapal-kapal yang sedang berlabuh dan jukung(perahu) nelayan yang sedang menangkap ikan. Serta dari puncak bukit ini di kejauhan akan tampak sangat jelas pulau Nusa Penida. Kapal-kapal yang nampak berlayar dan burung-burung yang berterbangan serta gambaran panorama bukit Putung ini seolah sebuah lukisan yang tergambar secara nyata di depan mata.

Source https://dudatimur.wordpress.com https://dudatimur.wordpress.com/bukit-putung/
Comments
Loading...