Bukit Nangorak Agrowisata Unggulan Kabupaten Sumedang

0 446
Bukit Nangorak Sumedang

Kabupaten Sumedang menyimpan banyak lokasi wisata yang sangat menakjubkan. Dengan Kondisi alam yang berbukit berpadu dengan suhu yang cukup dingin membuat tanah Sumedang cocok untuk pembudidayaan berbagai jenis flora.

Memanfaatkan sumber daya alam yang memukau itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang berinisiatif menciptakan kawasan Agrowisata. Kawasan Agroteknobisnis Sumedang (KAS) namanya. Keunggulan hamparan buah dan perkebunannya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

 

Lokasi Bukit Nangorak Sumedang

Berada di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, wisatawan tak akan kesulitan untuk menemukan lokasinya. Cukup mengikuti rute, anda akan sampai dilokasi KAS.

Keindahan Bukit Nangorak Sumedang

Ibarat pepatah, sekali mendayung tiga pulau terlampaui. Sejalur menuju KAS, pengunjung juga bisa mampir ke lokasi wisata Tanah Toga. Jika berangkat dari Bundaran Sumedang, menujulah ke lokasi Pemakaman Cut Nyak Dien. Dari arah ini, temukan rute menuju lokasi wisata Kampung Toga. Disini anda juga bisa berhenti sejenak dan menikmati wisata alamnya yang asri.

Kawasan Agroteknobisnis Nangorak Sumedang ini memiliki konsep agroeduteknowisata. Konsep Agroeduteknowisata KAS adalah wisata agro yang menawarkan sarana rekreasi alam sekaligus sarana pengenalan dan pendidikan terutama dalam teknik budidaya, dan produksi pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan kehutanan kepada sentuhan teknologi,” tulis laman resmi pemkab Sumedang.

Berada pada ketinggian 765 s/d 1.035 meter di atas permukaan laut dengan luas lahan 95,345 hektare, KAS menawarkan dinginnya suhu dan sejuknya suasana alam. Di waktu pagi dan senja, pengunjung dapat menikmati pesonanya terbit dan tenggelamnya matahari. Tak hanya itu, di malam hari, pengunjung dapat menikmati hamparan suasana perkotaan Sumedang dengan ribuan kerlap-kerlip lampu bak kunang-kunang.

Perkebunan sayur-sayuran dan buah-buahan dapat menaikkan gairah mulut. Diantaranya buah strawberry, jagung, dan sayur-mayur. Bila memang layak petik, pengunjung dapat memetik buah-buah di sini, tentu dengan izin pengelola di lokasi.

Di satu tempat, terdapat dua kandang peternakan. Kandang-kandang tersebut dihuni hewan ternak domba dan sapi. Pengunjung dapat berwisata sambil belajar peternakan domba dengan pengarahan dari pengurus KAS.

Di antara perkebunan dan kandang peternakan juga terdapat lokasi perkemahan. Tak jarang, baik siswa, mahasiswa, maupun keorganisasian mengadakan pelatihan di kawasan perkemahan KAS ini. Fasilitas perkemahan tidak hanya ketersediaan tanah lapang pendirian tenda semata, bahkan di sini terdapat rumah pohon. Ada 6 rumah pohon di KAS.

 

Source Bukit Nangorak Agrowisata Unggulan Kabupaten Sumedang Merah Putih
Comments
Loading...