Bukit Marajo – Payakumbuh

0 72

Puncak Marajo

Puncak Marajo terletak di Provinsi Sumatera Barat atau lebih tepatnya yaitu di Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh No. 233 Pakan Sinayan Kota Payaumbuh Provinsi Sumatera Barat. Karena lokasinya tak jauh dari pusat keramaian Kota Payakumbuh, maka tak heran jika setiap akhir pekan banyak warga yang mengunjungi Puncak Marajo untuk sekedar berolahraga atau menghabiskan waktu sejenak saat car free day dengan berjalan – jalan di sekitaran Puncak Marajo.

Sebenarnya Puncak Marajo ini merupakan bagian dari gugusan bukit – bukit Ngalau Indah dan saling berkaitan. Ngalu Indah sendiri terletak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh dan berjarak 31 kilometer dari Kota Bukit Tinggi. Jika kamu ingin mengunjungi Puncak Marajo ini kamu bisa naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi menuju Medan Nan Bapaneh, karena posisi Puncak Marajo ini sendiri masih di sekitar Medan Nan Bapaneh.

Tak jauh dari sana terdapat antor Dinas Pariwisata Pemudan dan Olahraga Kota Payakumbuh dan jika kamu sedang menghadap ke bagian kantor tersebut, di sebelah kirimu ada bukit yang dijadikan jalur masuk menuju Puncak Marajo. Kamu tak perlu khawatir karena di gerbang masuknya terdapat penanda yang menyatakan “Puncak Marajo” sehingga kamu tak akan kebingungan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti rute yang kami sediakan melalui link ini.

Oh ya sebelum kamu melewati pintu masuk Puncak Marajo, kamu bisa melewati pintu masuk Puncak Ngalau Indah yang memilki konsep wisata dengan menyatukan indahnya pemandangan kota dan panorama alam yang sangat indah. Objek ini sendiri merupakan gua yang akan kamu lewati sebagai jalan masuk dan keluar area Puncak Ngalau Indah. Selama di dalam gua, matamu akan ditakjubkan dengan pemandangan alami yang benar – benar cantik.

Yaitu pemandangan berupa batuan stalagtit dan stalagmite yang tersusun tak beraturan dan banyak lumut yang tumbuh disekitaran batu – batuan membuatnya seolah – olah bercahaya. Dan, jangan kaget saat memasuki gua ini karena kamu juga akan disambut dengan ramainya suara keleawar yang masih banyak menghuni di dalam gua ini. Oh, bukan itu saja ternyata banyak juga burung wallet yang membangun sarang di dinding – dinding gua sehingga air liur yang dihasilkan burung wallet ikut mempercantik cahaya – cahaya bias di dalam gua.

Nah, kamu harus melewati jalanan di dalam gua ini dengan menempuh sekitar 80 meter. Tentu itu bukan jarak yang cukup jauh mengingat selama perjalanan kamu akan disambut meriah oleh kelelawar dan burung wallet serta panorama yang indah sekali di dalam gua. Setelah sampai di pintu keluar, kamu dihadapkan dengan beberapa pintu keluar yang salah satunya menghubungkan kamu ke arah Puncak Marajo dengan tangga beton yang berukuran kecil namun tetap rapih.

Oh ya, mengingat letak Puncak Marajo yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, kamu tidak usah khawatir susah mendapatkan tempat penginapan karena banyak juga tempat penginapan dengan harga terjangkau di sekitar Puncak Marajo. Selain itu, jangan lupa mumpung kamu sedang berlibur ke Puncak Marajo cicipi juga kuliner khas Sumatera Barat yang lezat itu. Barangkali di daerah asalnya makanan Sumatera Barat yang sering kamu jumpai seperti rendang atau dendeng balado bakalan terasa lebih enak.

Source https://wisato.idhttps://wisato.id https://wisato.id/wisata-alam/puncak-marajo-payakumbuh/
Comments
Loading...