Bukit Mapongka, Tana Toraja

0 111

Bukit Mapongka

Bukit Mapongka adalah salah satu dataran tinggi yang terletak di kecamatan Mengkendek. Tepat di kaki Bukit Mapongka, terdapat sebuah kota kecil bernama Ge’tengan. Ge’tengan sendiri terletak sekitar 13 Km dari kota Makale, ibu kota Kabupaten Tana Toraja. Perjalanan ke puncak Bukit Mapongka dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dari pabrik kopi KUD Sane di Ge’tengan.
Perjalanan ke bukit Mapongka ditempuh dengan melewati tanjakan nan terjal di sela-sela pepohonan hutan pinus. Setelah melalui semua itu, di puncak bukit akan ditemui hamparan padang rumput yang indah bersanding dengan pohon-pohon pinus yang berdiri kokoh.
Selain itu, pesona pegunungan Latimojong yang begitu kokoh terlihat jelas dari puncak bukit Mapongka yang seakan mempertegas keberadaan bukit Mapongka sebagai salah satu tempat paling menarik di Tana Toraja.
Puncak bukit Mapongka sendiri sangatlah luas dan cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Berkemah di puncak bukit Mapongka adalah hal yang sangat sayang dilewatkan apabila mengunjungi tempat tersebut.
Selain karena kesempatan untuk menikmati udara yang segar serta keindahan langit malam khas puncak gunung, suasana menjelang pagi di tempat tersebut adalah hal yang akan sangat disesalkan apabila dilewatkan.
Menjelang pagi atau tepatnya dini hari, tempat tersebut akan menyajikan pesona keindahan fajar hingga matahari terbit yang hampir setiap orang sepakat untuk mengaguminya. Lebih menariknya lagi sebab momen tersebut diikuti dengan terbentuknya lautan awan sehingga membuat tempat tersebut seperti berada di atas awan.
Karena semua suasana yang ada di Bukit mapongka tersebut, maka tidaklah berlebihan jika menyebutnya sebagai sebuah keistimewaan dikarenakan suasana identik puncak gunung tersebut tidak perlu ditempuh dengan perjalanan alam terbuka yang berjam-jam layaknya ketika para pendaki profesional melakukan pendakian gunung.
Source http://tapaktoraja.blogspot.com http://tapaktoraja.blogspot.com/2017/11/matahari-terbit-di-bukit-mapongka.html
Comments
Loading...