Bukit Lawangan

0 118

Bukit Lawangan

Alam Kalimantan Selatan masih banyak yang alami, sehingga menjadi tempat wisata yang belum terjamah.Terletak di pedalaman, menjadikan akses dari kota cukup jauh. Namun panorama alam yang ditawarkan pun indah. Dipenuhi hamparan perbukitan yang masih hijau, menjadikannya pemandangan yang sejuk dipandang mata.

Satu di antaranya adalah Bukit Matang Kaladan di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten BanjarKalimantan Selatan. Perjalanan ke sana cukup menguras tenaga dan waktu. Pasalnya, treknya harus melalui tanjakan yang curam dan waktu tempuhnya cukup lama. Perjalanan ke sana dari Banjarmasin ditempuh sekitar 1,5 jam.

Bukit Matang Kaladan juga biasa disebut Bukit Lawangan ini merupakan alternatif terbaik untuk para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam di sekitar Bendungan Riam Kanan. Dengan modal kecil, pemandangan yang didapat tak kalah indahnya dengan Bukit Batas yang merupakan tetangganya.

Para wisatawan yang ke sana akan merasa puas ketika sudah disuguhi pemandangan alamnya yang menakjubkan.”Udara malam di sana dingin dan mereka seakan terlupakan dengan semua itu karena keindahan sungai irigasi Riam Kanan yang terlihat pada malam itu ketika beraaa di puncak bukit Matang Kaladan yang disinari bulan terang,” kenangnya.

Pemandangan yang bisa dinikmati dari atas bukit berupa pegunungan-pengunungan serta beberapa hamparan pulau-pulau kecil di Waduk Riam Kanan yang sangat jelas terlihat.

Di sepanjang perjalanan ada saja rumah warga, namun saat tiba di puncaknya, pengunjung bermalam dengan cara berkemah. Ke sana jika ingin bermalam harus membawa peralatan berkemah standar seperti tenda dan peralatan memasak.

Jarak tempuhnya cukup jauh, mencapai puluhan kilometer jika dari Banjarmasin. Akses menuju ke mari mudah saja karena jalannya lurus saja, namun sayangnya tak ada angkutan umum.

Source http://travel.tribunnews.com http://travel.tribunnews.com/2016/12/25/bukit-lawangan-letaknya-jauh-dari-kota-ini-yang-membuat-wisatawan-rela-menunggu?page=3
Comments
Loading...