Bukit Khayangan, Spot Wisata Terbaik Jambi

0 27

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Lokasi bukit pun bisa dicapai dengan mudah, hanya dengan menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh dan memakan waktu kurang lebih 30 menit berkendara. Kondisi jalan yang beraspal mulus juga akan memudahkan wisatawan menuju ke lokasi bukit. Apabila pengunjung berasal dari Kota Jambi, maka diperlukan waktu perjalanan selama 8 hingga 10 jam. Sayangnya, masih belum ada transportasi umum yang bisa mengantar wisatawan menuju bukit. Selama perjalanan pun, wisatawan akan disambut dengan suasana pedesaan Kerinci serta panorama alam berupa hamparan sawah, serta hijaunya deretan perbukitan.

   

Pesona Bukit Khayangan

Keindahan alam yang menakjubkan akan tersaji ketika tiba di puncak bukit. Panorama alam berupa hamparan bukit barisan, persawahan, dan juga ladang-ladang milik warga yang berada dipunggung bukit akan menyihir pandangan wisatawan. Dari puncak bukit, juga terpampang dengan jelas keindahan dari Kota Sungai Penuh.  Berada pada ketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut, Bukit Khayangan memang menjadi primadona wisatawan dari dan luar kota. Bukit ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Saat cuaca cerah, panorama yang ditawarkan pun semakin memukau. Komposisi warna hijau dari perbukitan dan birunya langit, merupakan perpaduan pas yang sedap untuk dipandang.

Fasilitas di Bukit Khayangan

Pada tempat wisata ini, wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas umum yang cukup memadai. Seperti toilet umum, tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat, taman-taman bermain, gazebo serta beberapa tempat duduk. Pada bukit ini juga sudah dilengkapi oleh penjaga jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, wisatawan juga akan menemukan semacam gardu pandang yang dibangun secara permanen. Gardu ini merupakan spot favorit yang digunakan untuk melihat keindahan alam sekitar. Terdapat pula beberapa pedagang dan warung yang menjual aneka kuliner khas Kerinci. Wisatawan bisa berwisata kuliner dengan mencicipi Gulai Ikan Semah, Teh Kayu Aro atau Kopi khas Kerinci. Jika wisatawan berencana untuk menginap, pada Kota Sungai Penuh terdapat berbagai pilihan hotel dan juga homestay yang bisa dipilih. Tak lengkap rasanya jika tengah berkunjung ke Kerinci, namun tak menyempatkan diri berwisata di Bukit Khayangan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di bukit.

Menikmati Keindahan Bukit Khayangan

Bila kamu berkunjung ke bukit ini, kamu bisa menikmati keindahan alam dari Kerinci yang mungkin tidak akan kamu temukan pada tempat-tempat lain. Pandanganmu akan dimanjakan dengan hamparan perbukitan hijau, puluhan ribu hektar sawah, serta kamu juga bisa merasakan sejuknya udara dataran tinggi. Kamu pun bisa juga melihat pemandangan dari Gunung Kerinci dan Danau Kerinci dari puncak bukit. Jika kamu ingin melihat sunrise yang indah, kamu bisa datang ke puncak bukit sebelum matahari terbit. Kamu juga bisa merasakan sensasi berada di atas awan saat berkunjung ke bukit ini. Panorama indah berpadu dengan lestarinya alam Kerinci, lupakanlah sejenak aktivitas sehari-hari dan nikmati sebuah karya Sang Pencipta ini.

Daya Tarik Bukit Khayangan

Tempat ini juga menjadi primadona bagi para penggila seni fotografi. Banyak sekali panorama menawan yang sangat disayangkan jika tak kamu abadikan. Kamu bisa memotret perbukitan, hamparan sawah dan juga Kota Sungai Penuh dari ketinggian. Bukit ini juga bisa dijadikan sebagai tempat melakukan foto prewedding. Kamu pun bisa berselfie dengan menggunakan background Gunung Kerinci yang megah. Terdapat berbagai spot selfie menarik yang bisa kamu pilih, seperti gardu pandang atau landmark nama Bukit Khayangan. Mengambil gambar dengan menggunakan drone pun bisa kamu lakukan, pastinya akan terlihat lebih indah jika kamu memotret bukit ini dari udara. Untuk memasuki Bukit Khayangan, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per motor. Sedangkan untuk kendaraan mobil, dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 50.000.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Bukit-Khayangan
Comments
Loading...