Bukit Khayangan : Menyaksikan Alam dari Sebuah Bukit di Kalimantan Selatan

0 34

Bukit Khayangan

Bukit Kayangan di sini merupakan destinasi wisata, lebih tepatnya tempat rekreasi alam kebanggan warga Pelaihari. terletak sekitar 10 km dari Kota Pelaihari, atau sekitar 60 km dari Kota Banjarmasin, yang merupakan ibukota Kalimantan Selatan dengan latar belakang Gunung Meratus.

Tempat wisata ini sebenarnya adalah sebuah bukit tinggi yang hampir menyerupai gunung. Namun oleh warga sekitar disebutnya gunung. Tingginya tidak terlalu tinggi sehingga jalur pendakiannya sangat mudah. Apalagi jalan menuju ke puncaknya sudah diaspal dan tanjakannya pun bisa dikatakan landai. Menurut cerita penduduk sekitar, dinamakan Kayangan konon dahulu banyak orang yang sering melihat kereta kencana atau kereta kayangan terbang dan menghilang di bukit ini.

  

Oleh sebab itu, mereka menamakan wisata ini Kayangan. Kawasan Wisata Gunung Kayangan sangat tepat bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan. Disini, Anda tidak saja disajikan dengan keindahan alam dan kesegaran udara pegunungan, tetapi juga Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas Banjar. Tidak hanya itu, berbagai cinderamata khas Banjarmasin bisa Anda temui.

Untuk masuk ke destinasi ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Paling hanya biaya parkir sebesar Rp 2.000. Ada baiknya Anda ke sini menggunakan motor atau mobil karena dari gapura pintu masuk kita harus melewati jalan berkelok dan tanjakan yang cukup tinggi untuk sampai ke bukit Kayangan. Sepanjang menaiki bukit, di samping kanan dan kiri jalan tertata rapi pepohonan hijau dan rimbun khas perbukitan. Tiupan angin sepoi-sepoi langsung menyambut Anda, mulai dari menginjakkan kaki di tempat parkir.

Dari parkiran, Anda harus menaiki sejumlah anak tangga untuk naik ke puncak bukit ini. Pemandangan indah sudah mulai terlihat saat menaiki tangga. Ditambah di pinggiran jalannya tertanam bunga-bunga asoka yang bermekaran dan terlihat cantik. Kawasan wisata ini memiliki tiga pendopo kecil dan satu pendopo besar untuk tempat bersantai pengunjung. Di situ ada lima warung kaki lima yang menjual makanan dan minuman dengan harga murah, di bawah Rp 10.000. Warung-warung ini buka tiap hari dari pagi hingga menjelang malam.

Tiap hari ada saja wisatawan yang kemari, hanya untuk bersantai menikmati keindahan alam sekitarnya. Tempat ini tenang, cocok untuk melepas penat dari segala keletihan hidup, disuguhi pemandangan alam hijau Kabupaten Tanahlaut dari ketinggian. Keindahan alam dan kesegaran udara dari atas Bukit Kayangan tentu sangat membuat sejuk mata. Pengunjung dapat melihat perkebunan sawit yang tersusun rapi, mobil dan motor di jalan raya yang seperti semut yang sedang merayap, di kejauhan juga terlihat kota Banjarmasin.

Bukit Kayangan ini difasilitasi lengkap oleh pemerintah daerah setempat dengan fasilitas seperti musholla, kamar mandi, warung-warung bahkan tempat bersantai serta aula. Di Bukit Kayanganjuga dibuat tulisan besar nama kabupaten Tanah laut seperti Hollywood di Amerika, sehingga menjadikan tempat ini lokasi yang cocok untuk bersantai dan berfoto. Namun sayang, posisinya tak begitu tampak dari jauh karena tertutup oleh pepohonan dan semak belukar sehingga cukup sulit untuk mengabadikannya dalam sebingkai foto.

Di balik segala pesonanya, gunung ini memiliki ceritanya tersendiri. Dulu, menurut penuturan seorang penjual makanan di sana, Nursehan tempat ini hanya merupakan posko pemantau api. Tak heran jika di tengahnya ada semacam menara pantau dengan dua tangga besi yang di puncaknya ada semacam pendopo kecil tempat memandang ke sekeliling gunung. Menuju ke tempat ini cukup jauh dari Banjarmasin, yaitu 55 kilometer jaraknya. Waktu tempuhnya sekitar satu jam jika memakai mobil dan 1,5 jam jika memakai kendaraan roda dua.

Lokasinya, dari Banjarmasin berkendara ke arah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Tepat di Jalan Ahmad Yani Km 20, ada bundaran, perempatan dan penunjuk arah ke Kota Pelaihari. Ambil arah ke kanan ke Kota Pelaihari. Dari situ, berkendara lagi sekitar 35 kilometer, lurus saja dan posisi tempat wisata ini berada di sebelah kanan jalan.

Bagi Anda yang ingin bermalam di kawasan Wisata Gunung Kayangan ini, sebenarnya tidak ada hotel atau penginapan yang tersedia disini. Namun Anda bisa check in untuk menginap di Kota Banjarmasin atau Pelaihari. Disini sudah tersedia berbagai jenis hotel biasa hingga berbintang. Satu hal lagi yang bisa menjadi catatan pengunjung yang suka kuliner nusantara, di kawasan Objek Wisata Gunung Kayangan Pelaihari bisa Anda temukan berbagai kuliner khas seperti Amplang, Soto Banjar dan banyak lagi.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/bukit-khayangan-menyaksikan-alam-dari-sebuah-bukit-di-kalimantan-selatan.htmlhttps://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/bukit-khayangan-menyaksikan-alam-dari-sebuah-bukit-di-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...