Bukit Jamur, Keindahan Alam di Kab. Bengkayang Kalbar

0 19

Bukit Jamur

Bukit Jamur adalah salah satu bukit yang terletak di Kabupaten Bengkayang salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, merupakan Daerah yang di kelilingi, bukit dan lembah yang memiliki panorama alam yang indah dan masih asli terjaga keasriannya. Sehinga membuat para pendatang yang haus akan tempat santai menjadi betah. Selain pemandangan alam dengan masih banyak pepohonan hutan membuat udara di Bengkayang masih tergolong bagus di bandingkan dengan Kota Pontianak. Tapi jika di bandikan dengan tempat wisata pontianak tentu saja tempat wisata Bengkayang Belum bisa bersaing. Jika tempat wisata Bengkayang dikelola dengan baik bukan tidak mungkin bisa menyamai tempat wisata Pontianak.   

Mendengar nama Bukit Jamur, tentu yang lebih dikenal Bukit jamur gresik pasti sudah tidak asing bagi para traveler. Atau jika anda search di mesin pencari google dengan mengetikan kata pencarian ” Bukit Jamur” Gresik lebih dulu muncul di urutan pertama dihalaman pencarian. Mungkin dari segi promosi tempat wisata Gresik lebih dulu di bandingkan kabupaten Bengkayang. Selain itu Keunikan Tempat Wisata Bukit Jamur Gresik juga sudah banyak yang mengulas di berbagai blog traveler. Ya mungkin itulah sedikit perbedaannya namun soal keindahan Bukit jamur di Bengkayang tidak kalah menarik jika dilihat dari keindahannya.

Lokasi Bukit Jamur

Kembali lagi tentang tempat wisata Bengkayang, Bukit Jamur ini yang dikenal warga setempat dengan nama Gunung Batu. Lokasinya terletak tidak jauh dari kota Bengkayang. Ini merupakan ibukota kabupaten Bengkayang. Lokasi tempat wisata alam Bukit Jamur persisnya terletak di Desa Belangko yang hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Kabupaten Bengkayang. Untuk mencapai desa ini hanya diperlukan waktu kurang lebih sekitar 15 menit saja dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. untuk akses jalan ke bukit jamur sendiri sudah terbilang cukup bagus meskipun jalan untuk menaiki bukit jamur yang dilalui  kecil.

Akses Menuju Ke Bukit Jamur

Untuk mencapai puncak bukit jamur /bukit batu anda harus terlebih dahulu mendaki. Jalannya menyusuri hutan karet dengan jalan setapak yang kondisinya masih terbilang bagus untuk jalan di dalam hutan. Karena untuk mencapai puncak bukit jamur tidak bisa menggunakan kendaraan. Bagi yang menggunakan kendaraan bisa di parkir terlebih dahulu/ di titip di rumah warga kampung belangko.

Di tempat penitipan inlah merupakan titi awal anda untuk memulai jalan kaki menuju bukit jamur Bengkayang ini. Perjalan menuju bukit jamur bisa di tempuh dengan memakan waktu kurang lebih selama 1-2 jam. Tergantung fisik dan kecepatan anda berjalan karena melalui jalur kecil yang sudah dibuat oleh warga. Jalannya yang menanjak membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncak bukit Jamur. Tentu saja akan menguras tenaga, apalagi yang tidak terbiasa dengan jalan kaki jalanan menanjak maka di perlukan waktu lebih lama.

Pesona Lautan Awan Bukit Jamur Bengkayang

Setelah sampai dipuncak bukit kita dapat melihat betapa indahnya daerah Bengkayang yang dikelilingi oleh bukit-bukit disekitarnya. Jika anda ingin lebih menikmati keindahan pemandangan alam bukit jamur dan sekitarnya. Anda akan merasakan udara yang segar dan di kelilingi lautan awan. Untuk bisa menikmati hal tersebut disarankan menempuh perjalanan dari pukul 04.00 subuh. Dengan perhitungan jarak tempuh satu jam perjalanan anda akan sampai puncak sekitar pukul 05.00 pagi.

Jadi anda akan menikamti lautan awan lebih lama hingga terbitnya matahari yang akan membawa awan hilang secara berlahan. Dengan perjalanan yang melelahkan seakan terbayar semua dengan anda menikmati pemandangan di sekitar bukit jamur bengkayang kalimantan barat ini. Selain menikmati keindahan alam anda juga berkesempatan untuk mengabadikan perjalanan anda di bukit jamur dengan berfoto. Dengan belatar gumpalan awan seakan anda berada di atas awan seperti lautan. Moment ini yang di tunggu banyak traveler saat berwisata di bukit jamur.

Tips Untuk Traveling ke Bukit Jamur

Untuk yang akan wisata di bukit jamur alangkah baiknya mempersiapkan terlebih dahulu kelengkapannya sebelum berangkat ke tempat tujuan/selagi masih di bawah.

  • Bawa perlengkapan jangan terlalu banyak karena akan berat, ini bertujuan supaya anda bisa mampu mendaki sampai ke puncak bukit jamur.
  • Bawa air minum karena dengan perjalanan menanjak anda akan merasa sangat haus di dalam perjalanan, tentu tidak akan menjumpai warung karena posisi di dalam hutan
  • Jika Ingin bermalam bawa tenda dan pelengkapannya karena belum ada fasilitas penyewaan tenda di bukit jamur
  • Bekal Makanan agar tidak kelaparan, seperti roti, Mie instan (pop mie) karena masaknya yang simple dan cepat.
  • Gunakan sepatu yang kuat  dan ringan atau sepatu gunung agar lebih mempermudah dalam perjalanan
  • Untuk yang baru pertama kali dan belum hafal medannya usahakan mencari pemandu atau mencari teman yang sudah pernah pergi ke Bukit Jamur.

Mungkin itu saja ulasan tentang pesona wisata bukit jamur dan tips untuk traveling di bukit jamur. Semoga ulasan ini bisa menjadi acuan bagi anda yang baru ingin pertama kali mengunjungi bukit jamur bengkayang. Tips diatas lebih baik anda persiapkan sebelum mendaki kepuncak bukit jamur.

Biasanya Bukit jamur akan banyak pengunjung dari luar maupun dalam kota pada hari-hari libur. Seperti malam minggu, biasanya dari sore sudah mulai banyak para pencinta wisata alam menuju bukit tersebut. Setelah menjelajahi  dan menikmati keindahan alam bukit Jamur jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Source https://www.traveluxion.web.id https://www.traveluxion.web.id/pesona-lautan-awan-tempat-wisata-bukit-jamur-bengkayang-kalbar/
Comments
Loading...