Bukit Jambu Haruyan, Tempat Asyik Berlibur di Barabai

0 146

Bukit Jambu Haruyan

Bukit Jambu, atau  biasa disebut juga Puncak Tagor Menanti memang tak setenar Bukit Batu Baduduk, Spot Menyaksikan Sunrise terindah di Kandangan. Tapi jangan salah ya, keindahannya tak kalah menawan kok. Dari atas puncaknya juga akan terlihat gumpalan awan dan gagahnya bentangan pegunungan meratus yang eksotis nan sedap di pandang. Berdasarkan peta yang dibuat antara tahun 1923 sampai 1927 oleh pemerintah kolonial Belanda, Gunung Djamboe atau Bukit Jambu memiliki ketinggian 242 Mdpl (meter di atas permukaan laut).

Bukit Jambu, secara administratif lokasi tepatnya berada di Desa Batu Habu, Haruyan Seberang, Kecamatan Haruyan, Barabai, Hulu Sungai Tengah. Selain jaraknya cukup dekat dari kota Barabai maupun Kandangan, akses menujunya pun juga terbilang mudah. Jalan menuju Desa Batu Habu yang merupakan desa terkahir di kaki Bukit Jambu sudah beraspal, bahkan bisa menggunakan kendaraan roda empat, dan di parkir di halaman warga setempat.

Akses dari Kota Barabai : Barabai Kota – Pantai Hambawang – perempatan Desa Barikin, belok kiri menuju Haruyan – di Haruyan Anda akan menjumpai perempatan lagi, Anda ambil saja arah kiri untuk menuju Haruyan Seberang – Desa Gontong Haruyan – Sungai Jaranih – Lok Anglai – Desa Batu Habu.

Akses dari Kota Kandangan : Kandangan Kota – Desa Bamban – perempatan desa Barikin, belok kiri menuju Haruyan – Perempatan haruyan, ambil arah kiri untuk menuju Haruyan Seberang – Desa Gontong Haruyan – Sungai Jaranih – Lok Anglai – Desa Batu Habu.

Sebenarnya banyak akses atau jalur untuk menuju Bukit Jambu ini. Tapi akses di atas tersebut merupakan akses yang paling mudah untuk dituju dan bisa dilewati mobil.

Keindahan Bukit Jambu

Oh iya, hanya menuju lokasi desanya saja ya yang bisa menggunakan kendaraan bermotor. Untuk mendaki puncaknya tentu tak bisa, jalan menuju puncak bukit lumayan curam dan menanjak. Di jalur awal pendakian akan banyak ditemui pemandangan deretan kebun karet/ kebun gatah warga sekitar.

Smakin menanjak menuju puncak, pepohonan karet mulai jarang ditemui dan berganti dengan pemandangan pepohonan rimbun yang sejuk dan tumbuhan liar. Tumbuhan ilalang dan berduri sangat mendominasi jalurnya hingga menuju puncak (disarankan memakai celana panjang agar tidak tergerus tumbuhan tersebut). Untuk sampai di puncaknya, tidak terlalu memakan waktu. Normalnya sekitar 30 menit-an saja. Bukit Jambu sebagai tempat wisata di HST, pemandangannya perlu diacungi jempol. Pemandangan dari puncaknya begitu ciamik, terlebih sunset-nya begitu menyejukkan hati. Momen matahari terbenam di sana wajib Anda ajak berfoto seru.

Tak hanya itu, saat pagi hari. Jika Anda beruntung, sunrise cantik serta pemandangan hamparan awan yang indah juga bisa Anda saksikan dengan jelas dari atas puncaknya. Cocok dijadikan background foto keren. Di tambah lagi pemandangan persawahan/ pahumaan warga desa-desa di Kecamatan Haruyan juga akan terlihat, dan kerlap-kerlip lampu kota Hulu Sungai pada malam hari. Jika masih butuh spot foto keren, masih di area puncaknya terdapat sebuah batu besar yang bisa Anda naiki untuk foto-foto kece di atasnya. Asyik bukan?

Wait sahabat alam, masih ada lagi nih keindahan dan daya tariknya. Bukit Jambu Haruyan tidak hanya menyuguhkan panorama pegunungan tapi juga keindahan air terjunnya. Anda akan menjumpai beberapa air terjun bertingkat saat di jalan mendaki maupun menuruni puncaknya. Anda bisa memanfaatkannya untuk mmengisi persedian air untuk di puncak, bisa juga untuk mandi-mandi setelah menuruni puncaknya. 

Harga Tiket Masuk Bukit Jambu

Fasilitasnya sangat minim, tempat parkir pun hanya dititipkan di halaman warga sekitar. Dan hanya ada 1 shelter (tempat peristirahatan) di tengah jalan menuju puncak. Untuk belanja makanan atau minuman, Anda bisa membelinya di Desa Batu Habu. Berapa harga tiketnya? Di sini tidak ada harga tiket masuk, cukup membayar parkir saja.

Tips berwisata di Bukit Jambu

  1. Jangan merusak keindahan alamnya.
  2. Persiapkan segala kebutuhan mendaki baik itu konsumsi maupun alat camping dari rumah, pasalnya di sini belum ada tempat penyewaan alat kemah dan warung jajanan cukup sulit ditemui, lokasinya lumayan jauh dari kawasan wisata.
Source https://janganlupapiknikk.blogspot.com https://janganlupapiknikk.blogspot.com/2018/02/bukit-jambu-haruyan-tempat-wisata-murah.html
Comments
Loading...