Bukit Donggia Kahayya di Bulukumba

0 92

Bukit Donggia

Bulukumba adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Sulawesi Selatan, beberapa tempat terkenal di Bulukumba adalah spot menarik bagi wisatawan lokal dan asing. Kabupaten ini adalah tempat untuk menjelajahi berbagai pantai pasir putih.

Untuk mengunjungi tempat wisata di Bulukumba ini dibutuhkan sekitar 4 hingga 5 jam dari kota Makassar, baik menggunakan transfortasi kendaraan roda empat maupun roda dua. Namun, ada hal tak kalah menarik dari dari pantai pasir putih di Bulukumba. Mulai dari alam, warisan budaya, situs sejarah, tempat romantis, area bermain anak-anak, hingga tempat-tempat instagramable lain.

   

Jika kamu ingin menjadwalkan liburan di Bulukumba, maka kamu tidak perlu khawatir. Karena Bulukumba memiliki objek wisata yang kental dengan keindahan alam murni. Salah satu yang tidak boleh kamu abaikan, Bukit Donggia (Donggia Hill) di Kahayya.

Donggia menghadirkan panorama alam dari ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini adalah tempat pribadi dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan di sekitarnya. Kamu juga dapat melakukan kegiatan seperti berkemah di sini. Lokasinya di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang. Bukit ini menjadi puncak tertinggi Kabupaten Bulukumba. Mencapainya dari pusat kota Bulukumba, dibutuhkan 2 jam melalui jarak 40 km.

Berbeda dengan daerah perbukitan umum, Kahayya bahkan lebih menakjubkan karena dibentengi oleh gugusan gunung dan bukit, hulu Sungai Balantieng, dan suhu yang menyejukkan. Ada juga danau di atas bukit.

Danau ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Airnya tidak pernah kering meskipun musim kemarau tiba. Konon, hingga kini kedalamannya belum dapat diperkirakan. Berdasarkan cerita, ada puluhan batang bambu yang telah ditancapkan, namun belum pernah menyentuh bagian bawahnya. Ini membuat orang meyakini bahwa kedalaman Danau Kahayya tidak dapat diprediksi.

Akan terlihat banyak mata air yang bersih dan segar yang menunggu kunjunganmu. Mata air ini dapat ditemukan di sepanjang jalan menanjak. Jadi, kita bisa mendaki sambil minum air segar atau hanya mencuci muka dan kepala. Ada pula puluhan air terjun yang masih perawan di Kahayya. Beberapa air terjun masih sangat alami dan jarang disentuh, bahkan oleh orang yang tinggal di sana.

Tidak hanya itu, ada banyak suasana yang begitu menarik di Kahayya. Paling khas adalah kopi Kahayya. Bahkan, istilah Kahayya dalam bahasa lokal didefinisikan sebagai “kopi”. Jadi, nama Kahayya berasal dari potensinya sebagai daerah penghasil kopi.

Sebenarnya, hampir tidak ada jaringan internet di sini. Karenya, kamu dapat menikmati kedamaian dan ketenangan paripurna dalam kunjungan ke Kahayya. Melarikan diri dari semua hiruk-pikuk kota yang padat, Kahayya pasti akan menjadi pilihan terbaik yang pernah ada.

Source http://bataritours.com http://bataritours.com/2018/09/18/singkap-surga-ekowisata-di-bulukumba-bukit-donggia-kahayya/
Comments
Loading...