Bukit Batu Manda Belubus, di Kabupaten Lima Puluh Kota

0 83

Bukit Batu Manda

Bukit Batu Manda – Kabupaten Lima Puluh Kota memang banyak menyimpan tempat wisata, tempat pemandian, air terjun, wisata puncak dan masih banyak lainnya. Bukit Batu Manda letaknya di sebuah bukit dan tepatnya di Jorong Belubus. Di Nagari Sungai Talang dan di Kecamatan Guguk Kabupaten Lima Puluh Kota.

 

Pesona Bukit Batu Manda

Masyarakat setempat menganggap Batu Manda ini memiliki kekuatan misitis yang di percaya sejak lama. Dan memiliki sejarah yang sangat luar biasa bagi masyarakat setempat. Di Bukit Batu Manda ini juga ada batu yang lain, seperti Batu Palano, Batu Manggigia, Batu Biliak dan Batu Bakoca. Pesona Batu Manda ini memang sangat menarik wisatawan yang berkunjung, terlebih bagi pemuda dan pemudi sangat banyak meminati Manda ini.

Bukit Batu Manda mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terlebih bagi yang suka berselfi dan mengabadikan fotonya bersama teman dan keluarga dengan latar belakang yang sangat menarik dan sangat sayang jika di lewatkan. Bukit batu Manda mempunyai ketinggian sekitar 550 Meter di atas permukaan laut ini sangat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke bukit ini.

Dari atas puncak ada sebuah batu yang besar yang ukurannya lebarnya 5 meter, panjang 10 meter dan mempunyai tinggi 10 meter. Dan kita juga bisa memanjat ke atas bukit. Dan kita juga bisa mengambil foto dengan pemandangan yang menarik. Jika ingin menaiki Batu Manda tersebut, maka di sarankan supaya berhati-hati.

Dulu Bukit Batu Manda tidaklah sepopuler sekarang, namun seiring berkembangnya teknologi dan adanya pemuda setempat yang mengunggah foto mereka di media sosial, dan Bukit Batu Manda semakin hari semakin terkenal dan banyak pengunjung dan tempat ini menjadi sebuah tempat faforit bagi anak muda mudi sekitar maupun luar daerah Payakumbuh.

Selain menikmati Batu Manda, di sini juga terdapat sebuah Batu Menhir dan Makam Sjech yang mana makam ini juga sering di kunjungi wisatawan. Kemudian di sekitar bukit ini juga ada sebuah telaga yang tidak terlalu besar, konon katanya dahulu telaga ini adalah sebuah danau buatan dan airnya semakin hari semakin surut dan menjadi sebuah telaga.

Lokasi Bukit Batu Manda

lokasi Wisata Bukit Batu manda teletak di Jorong Belubus, Kenagarian Sungai Talang, Kecamatan Lima puluh Kota. Kemudian jalan atau akses menuju lokasi Bukit Batu Manda tidaklah jauh dari Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Jaraknya 15 Km dari Kota Payakumbuh dan jika melakukan perjalanan dengan kendaraan maka menempuh perjalanan lebih kurang 30 menit saja.

Bagi kita yang berada dari kota Payakumbuh maka bisa melewati Jalan Tan Malaka dan menuju arah Suliki, dan tidak berapa lama kemudian kita akan tiba di Belubus, kemudian kita dapat memarkir kendaraan yang kita bawa di sekitar rumah penduduk sekitar Bukit Manda.

Kemudian untuk menuju Bukit Batu Manda kita dapat berjalan kaki, kita berjalan juga tidak terlalu jauh, untuk menuju ke atas bukit kita tidak usah kawatir karena jalan menuju Bukit Puncak Batu Manda terbilang bagus. Jika sudah sampai di atas bukit, maka pemandangan yang akan kita lihat sangat luar biasa indahnya dengan udara yang sejuk dan pepohonan yang hujau dan masih terjaga.

Dari atas bukit kita akan betah berlama-lama di sini dan dapat melakukan berfot dan berselfi yang sayang jika di lewatkan bersama teman atau keluarga. Tempat ini sangat cocok bagi kita yang ingin menenangkan diri dari suasana perkotaan. Itulah beberapa ulasan dari Wisata Bukit Batu Manda yang mungkin bisa di kunjungi di waktu liburan. Semoga bermanfaat.

Source https://www.wisatatrend.com https://www.wisatatrend.com/bukit-batu-manda-payakumbuh/
Comments
Loading...