Bukit Batu Baduduk Kandangan

0 65

Bukit Batu Baduduk

Bukit Batu Baduduk merupakan salah satu destinasi wisata alam yang asri dari namanya saja sudah terdengar unik. Dinamakan bukit atau gunung Batu Baduduk mungkin saja karena adanya batu besar yang berada di puncak bukit. Batunya beneran besar lho, tingginya saja mencapai 3 meter dengan diameter kurang lebih 7 meter. Menariknya lagi, batu besar yang menjadi ciri khas bukit Batu Baduduk ini bisa dipanjat dan digunakan untuk bersantai menikmati panorama di sana. Setidaknya 5-10 orang bisa duduk berjejer di atas batu tersebut.

 

Lokasi Bukit Batu Baduduk

Bukit Batu Baduduk terletak di Kota Kandangan, tepatnya di Desa Sungai Durian, Gumbil, kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan.  Panorama Bukit yang merupakaan rangkaian dari pegunungan Meratus ini sudah tidak diragukan lagi. Segala sesuatu di sana masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Dari kaki gunungnya saja, keindahan dan kesejukannya sudah mulai terasa.

Jalur Pendakian Bukit Batu Baduduk

Dari desa terakhir di kaki bukit Batu Baduduk, untuk mencapai puncaknya bisa dengan berjalan kaki, dan walaupun sebenarnya juga bisa menggunakan sepeda motor namun hanya menjangkau post 1.  Apabila berjalan kaki, kira-kira akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam lamanya pendakian. Yang mana 1 jam perjalanan hanya melewati medan yang dominan datar, beberapa sumber mata air, kadang juga ada jurang dangkal dengan pepohonan hutan dan kebun karet warga di samping kanan kiri jalan. Hingga akhirnya sampai dipertigaan jalan arah kanan yang agak menanjak

Nah sisa 1 jamnya lagi, medan yang akan dilewati sudah terasa terjal, menantang dan tak teduh lagi. Tanjakan dan turunan benar-benar akan menguras tenaga Anda, belum lagi tumbuhan ilalang di kanan kirinya yang akan sangat menggangu karena menghalangi pandangan dan gatal.  Namun untungnya di rute ini terdapat sebuah rampa/ gubuk untuk berteduh dan istirahat tentunya, dari rampa pemandangannya kian indah dan sudah terlihat puncak bukit Batu Baduduk dihadapannya. Dari sini pendakian menuju puncaknya setidaknya sekitar 40 menitan.

Keindahan Bukit Batu Baduduk

Panorama unggulan dari puncak Batu Baduduk adalah momen ketika detik-detik matahari akan terbit (sunrise). Sunrise di sana begitu menakjubkan, tidak kalah dengan sunrise di gunung dengan ketinggian ribuan MDPL, karena keindahannya ini banyak wisatawan luar daerah yang mencoba untuk menengoknya dan faktanya memang benar-benar indah. Tak jarang para wisatawan juga menyempatkan bermalam dan berkemah di bukit Batu Baduduk ini untuk menunggu moment sunrise dan keindahan lainnya.  Puncak Batu Baduduk tidak terlalu luas tidak pula sempit, cukuplah kira-kira untuk 20 tenda asal disusun teratur.

Akses Menuju Bukit Batu Baduduk

Bukit andalan desa Gumbil ini ramai ketika weekend atau hari libur besar lainnya. Untuk menikmati segala keindahannya tinggal menuju desa Gumbil – Sungai Durian. Rute yang dilalui bisa dari kota Kandangan, HSS, dan dari Kota Barabai, HST. Jarak tempuh dari kedua kota ini kira-kira sekitar 17 Km.

Akses dari Kota Barabai: Barabai – Pantai Hambawang – Perempatan Desa Barikin (belok kiri) – Haruyan – Pengambau Dalam, Desa Gumbil – Sungai Durian.

Akses dari Kota Kandangan : Kandangan – Angkinang Dalam – Telaga Langsat – Desa Gumbil – Sungai Durian.

Jam Operasional Bukit Batu Baduduk

Bukit Batu Baduduk buka setiap hari. Di sini tidak ada loket masuk, jadi terserah mau pagi, siang, sore, malam, atau bahkan dini hari tetap bisa untuk mendakinya.

Harga Tiket Masuk Bukit Batu Baduduk

Segala keindahan di bukit Batu Baduduk ini bisa Anda nikati dengan cuma-cuma. Di tempat wisata ini, tak ada harga tiket masuk, Anda hanya cukup membayar Rp5.000 untuk jasa parkir. Dan menyiapkan uang untuk belanja makanan yang teresdia di warung sekitar puncak.

Source https://janganlupapiknikk.blogspot.https://janganlupapiknikk.blogspot.comcom https://janganlupapiknikk.blogspot.com/2018/02/bukit-batu-baduduk-kandangan-spot.html
Comments
Loading...