Bukik Posuak, di Kota Payakumbuh

0 168

Bukik Posuak

Bukik Posuak merupakan sebuah bukit yang terletak  di nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Propinsi Sumatera Barat. Dari asal katanya bukik berarti bukit sedangkan Posuak berarti tembus. Bukit ini memiliki sebuah lobang yang tembus dari depan ke belakang bukit tersebut.

  

Menurut legenda setempat, Bukik Posuak terbentuk karena pada dahulu kala ada seorang pengembara yang bernama Baginda Ali. Ia adalah seorang pengembara yang amat sakti dan juga bijaksana. Pada suatu saat ia pergi mengembara bersama dua orang adiknya. Diperjalan mereka menemukan seekor rusa yang sangat besar.

Tetapi dengan kesaktiannya Baginda Ali dengan mudah menangkap rusa tersebut. Rusa tersebut mereka sembelih dan mereka bagi dangingnya. Perselisihan pun saat membagi kakinya, karena ada sepotong kaki rusa yang berlebih, kedua adik Baginda Ali tersebut bertengkar memperebutkan sepotong kaki tersebut. Melihat hal tersebut Baginda Ali dengan sigapnya mengambil potongan kaki tersebut dan melemparnya dengan sekuat tenaga.

Source http://ardcop.blogspot.com http://ardcop.blogspot.com/2013/08/trial.html
Comments
Loading...