Brahmavihara Arama : Tempat Wisata Sekaligus Meditasi di Bali

0 25

Brahmavihara Arama

Brahmavihara Arama adalah salah satu tempat wisata sekaligus tempat ibadah agama Buddha terbesar di Bali. Tempat ini lebih dikenal dengan nama Vihara Buddha Banjar, karena terletak di perbukitan di Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Karena terletak di daerah perbukitan, suasana disana tenang dan damai jadi banyak pengunjung selain sebagai tempat wisata juga menjadikan Vihara ini tempat meditasi.

Hasil gambar untuk Brahmavihara Arama

Selain itu, tidak jauh dari vihara ini juga terdapat obyek wisata Pemandian Air Panas Banjar. Dengan adanya kedua obyek wisata tersebut membuat vihara ini semakin dikenal dan sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Brahmavihara Arama menyajikan suasana yang tenang dan sepi serta memungkinkan untuk memandang langsung ke Pantai Lovina yang jaraknya tak begitu jauh, membuat vihara umat Budha ini menjadi daya tarik yang impresif bagi siapapun yang mengunjunginya.

Hasil gambar untuk Brahmavihara Arama

Di dalam areal Vihara terdapat banyak arca, ada arca Buddha sebagai sang Buddha dan Arca Parinirwana. Keduanya terbuat dari perunggu berlapis emas dan merupakan sumbangan dari Thailand dan Sri Lanka sekitar tahun 1977. Masing-masing patung ini ditempatkan di dalam ruangan yang berbeda. Patung Parinirwana menggambarkan Sang Buddha dalam keadaan meditasi dengan mengosongkan raganya. Lalu patung Buddha sebagai Buddha menggambarkan Sang Buddha sedang mencapai kesempurnaan yang abadi. Arca-arca Buddha lainnya yang terbuat dari batu padas dan beton banyak tersebar di seluruh taman di Brahmavihara Arama.

Jika Anda menjelajahi semua areal Vihara ini maka Anda akan menemukan sebuah candi miniatur dari Borobudur. Di depan miniatur candi ini terdapat tempat yang sangat luas. Tempat tersebut juga dipakai untuk bermeditasi. Bukan hanya orang Buddha, para pengunjung pun diperbolehkan untuk ikut bersemedi atau berdoa di vihara ini. Vihara ini secara garis besar terdiri dari 5 komplek yaitu .

Hasil gambar untuk Brahmavihara Arama

Fasilitas yang disediakan disana ada lahan parkir mobil dan motor yang memadai. Selain itu juga terdapat ruang untuk peminjaman kain, jika Anda berkunjung kesini usahakan memakai celana panjang, jika memakai celana pendek harus memakai kain (kamen). Untuk masuk ke Vihara ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, cuma bayar parkir saja. Jarak yang ditempuh jika dari kota Singaraja kurang lebih 22 km.

18 km arah barat Singaraja, 2 km ke selatan dari jalan raya Singaraja-Seririt atau 11 km dari Lovina ,dimana jika dari Denpasar ke Vihara Brahmavihara Arama memakan waktu lebih kurang 2 jam atau  berjarak sekitar 100 km,lewat jalan raya Denpasar-Bedugul-Singaraja. Untuk menemukan Vihara ini tidak sulit, cukup ikutin jalan utama melewati daerah Lovina, nanti ada keterangan Desa Banjar di kiri jalan. Jalannya bisa di lalui sepeda motor atau pun mobil.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/brahmavihara-arama-tempat-wisata-sekaligus-meditasi-di-bali.html
Comments
Loading...