Boen Hay Bio, Klenteng Tertua di Daerah Serpong

0 32

Klenteng Boen Hay Bio

Klenteng Boen Hay Bio merupakan wisata religi yang terletak di Jalan Pasar Lama Serpong, Desa Cilenggang, Serpong, Tangerang. Klenteng Boen Hay Bio disebut sebagai wihara tertua yang ada di daerah Serpong. Usia klenteng tersebut diperkirakan sudah mencapai tiga ratus tahun. Berdasarkan penuturan pengurus, Wihara Boen Hay Bio dibuat tahun 1694 sebagai tempat ibadah umat Budha.

Tanggal 24 bulan keenam penanggalan Cina diperingati sebagai ‘hari jadi’ klenteng. Pada saat itu, biasanya klenteng dipadati pengunjung yang datang untuk berdoa. Ulang tahun klenteng juga kerap dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti pertunjukasn barongsai, gambang kromong, hingga pertunjukan lenong.

Keunikan Klenteng Boen Hay Bio

Klenteng Boen Hay Bio altarArsitektur Klenteng Boen Hay Bio dihiasi ornamen khas tanah Tiongkok. Di atas pintu gerbang kuil terdapat kepiting raksasa. Dalam budaya Cina kepiting dipercaya dapat melindungi dan mengusir roh jahat. Ada juga hiasan naga yang melilit dua tiang utama.Di bagian kiri dan kanan klenteng terdapat menara lima tingkat untuk membakar kertas mantra. Pengunjung juga bisa menjumpai tambur raksasa yang biasanya ditabuh saat acara tertentu.

Banyak pengunjung datang ke Klenteng Boen Hay Bio untuk memuja Dewi Kwan Im yang merupakan lambang kebajikan. Hal ini sesuai dengan makna istilah Boen Hay Bio yang berarti kebajikan setinggi gunung dan sedalam lautan. Selain altar utama yang berisi patung Satya Dharma Bodhisatwa, terdapat sepuluh altar lain diantaranya Hok Tek Ceng Sin, Kong Tek Cun Ong, Lao Tze, Erl Lang Sian, Ciu Thian Sian Ni, Thay Swee Ya, Tho Ti Kong, serta Sakyamuni.

Akses Menuju Klenteng Boen Hay Bio

Klenteng Boen Hay Bio tidak hanya dikenal sebagai tempat religius. Anda juga bisa berkunjung untuk belajar Bahasa Mandarin. Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda rutin bakti sosial yang diadakan oleh pengurus wihara. Pengelola klenteng juga kerap melakukan aksi sosial lain seperti membagikan sembako dan pengobatan gratis.

Klenteng Boen Hay Bio terbuka untuk umum. Anda dapat berkunjung ke sini kapan saja tanpa dipungut biaya. Untuk sampai wihara di daerah Serpong ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta silakan ikuti Jalan Tol Jakarta-Serpong. Setelah sampai di Tangerang Selatan, silakan keluar told an masuk ke Jalan Pelayangan. Telusuri jalan tersebut untuk sampai Desa Cilenggang tempat klenteng berada.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/tangerang/boen-hay-bio-klenteng-tertua-di-daerah-serpong/
Comments
Loading...