Birunya Curug Sumba di Purbalingga Jawa Tengah

0 185

Curug Sumba

Curug Sumba merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang menjadi favorit untuk di kunjungi bagi warga Purbalingga dalam waktu dekat ini. Tidak hanya dari Purbalingga, bahkan ada beberapa pengunjung dari kota lain sekitar Purbalingga, seperti Bumiayu, Purwokerto, Pemalang, dan Banjarnegara.

Curug Sumba yang mulai di kenal oleh masyarakat akhir-akhir ini letaknya ada di dekat jalan utama antara Kabupaten Purbalingga menuju kearah Kabupaten Pemalang (utara). Sekitar 5km dari Kota Dagang Bobotsari menuju kea rah utara, akan ada penunjuk jalan kecil menuju kearah Curug Sumba. Cukup sulit untuk melihat jalan masuk tersebut, karena jalannya berada di antara persawahan, kondisi jalan merupakan jalan tanah dan batu, karena sebelumnya jalan itu hanya digunakan oleh petani dan warga sekitar.

Lokasi Curug Sumba

Lokasi Curug Sumba terletak di Desa Tlahab Lor, Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357, Indonesia.

Aksesbilitas Curug Sumba

Nama Desa Curug Sumba adalah Tlahab Kidul, termasuk dalam kecamatan Karangreja. Di lokasi tersebut belum ada retribusi untuk tiket masuk, belum ada gubuk. Tetapi bila kita kesana, kadang ada beberapa orang yang berjualan, sekedar untuk jajan, minuman, dan rokok. Selain itu, terkadang ada warga sekitar Curug Sumba yang menjaga motor, dengan cukup membayar Rp. 2000,- .

Rute Menuju Curug Sumba

Rutenya jika dari arah Bobotsari-Karangreja, setelah kurang lebih 150 dari gapura atau tugu batas Desa Tlahab Karangreja (kanan jalan), terdapat jalan tanah berbatu yang belum diaspal menuju Kemojing, setelah kira-kira 200 dari jalan masuk tadi, terdapat sebuah penampungan getah pinus, jalan sedikit sebelum jembatan, parkirlah kendaraan anda, selanjutnya berjalan kaki melewati area persawahan yang tidak terlalu jauh, maka anda akan melihan lokasi air terjunnya.

Source wisata purbalingga
Comments
Loading...