Benteng Vastenburg Wisata Sejarah Kota Solo Jawa Tengah

0 155

Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg adalah salah satu cagar budaya kota Solo peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1745. Di kota Surakarta terdapat pula bekas peninggalan kolonial Belanda yaitu Benteng Vastenburg yang dulu digunakan sebagai pusat pengawasan kolonial Belanda untuk mengawasi gerak-gerik Keraton Kasunanan, namun sekarang keadaannya tidak terurus, di pusat kota Surakarta di dekat (sejalan dengan) Balaikota Surakarta.

Sejarah Benteng Vastenburg

Dulu bangunan ini bernama “Grootmoedigheid” dan didirikan oleh Gubernur Jenderal Baron van Imhoff pada tahun 1745. Benteng ini dahulu merupakan benteng pertahanan yang berkaitan dengan rumah Gubernur Belanda. Benteng dikelilingi oleh kompleks bangunan lain yang berfungsi sebagai bangunan rumah tinggal perwira dan asrama perwira.

Bangunan benteng ini dikelilingi oleh tembok batu bata setinggi enam meter dengan konstruksi bearing wall serta parit dengan jembatan angkat sebagai penghubung. Setelah kemerdekaan pernah berfungsi sebagai kawasan militer dan asrama bagi Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya/Kostrad. Bangunan di dalam benteng dipetak-petak untuk rumah tinggal para prajurit dengan keluarganya.

Lokasi Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak di kawasan Gladak, Surakarta. Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Benteng ini terletak di Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133.
Cara menuju Benteng Vastenburg

Dari Yogyakarta, perjalanan menuju Solo sendiri memakan waktu kurang-lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi, menyusuri Jl. Raya Jogja-Solo. Setibanya di Solo, anda bisa memasuki Jl. Baki-Solo, kemudian berbelok ke Jl. Brigjend. Slamet Riyadi, lalu mengarah ke Jl. Jend. Sudirman, dan menuju ke Jl. Mayor Kusmanto, kemudian anda bisa berjalan ke Benteng Vastenburg.

Source wisata surakarta
Comments
Loading...