Benteng Van der Capellen, Berwisata Suasana Belanda Zaman Dulu

0 6

Benteng Van der Capellen

Benteng Van der Capellen, mungkin tidak seterkenal benteng fort de kock yang ada di bukittinggi. kedua benteng ini merupakan saksi bisu dalam sejarah Minangkabau. sekaligus tempat wisata sejarah bagi generasi muda saat ini. Benteng Van der Capellen, bangunan peninggalan belanda yang di jadikan Cagar Budaya oleh pemerintah Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Benteng ini dibangun dahulunya untuk Pusat Komando serdadu Belanda dalam Perang Padri. Setelah melalui rangkaian proses peperangan yang panjang, akhirnya benteng ini menjadi milik Batallyon 439 di Ponegoro, kemudian di serahkan kepada POLRI. oleh POLRI dijadikan Markas Komando Resort Kepolisian Tanah Datar, sampai tahun 2000.

  

Setelah markas Polri pindah ke bangunan baru, pada tahun 2001. Banteng Van der Capellen dikosongkan. Benteng ini cukup banyak mengalami perubahan ketika di gunakan untuk Markas Polres Tanah Datar. beberapa perubahan antara lain atap, penjara, penambahan kantin dan bangunan gudang.

Sekarang benteng ini bisa kita kunjungi sebagai tempat wisata untuk merasakan atmosfer suasana zaman Belanda dulu. Saat kita sampai disini, kita akan disambut oleh gerbang megah yang bertuliskan Benteng Van der Capellen. Dihalaman benteng telah berkibar bendera Merah Putih dan terdapat dua buah meriam kuno yang berada di sisi kanan kiri Benteng.

Di belakang meriam ini bertuliskan angka 1970 merupakan angka tahun pembuatan meriam tersebut. Meriam kuno tersebut semakin melengkapi atmosfer zaman belanda yang bisa kita rasakan. jalan utama keluar masuk bangunan benteng berbentuk setengah lingkaran dari halaman depan tadi.

Menurut informasi yang beredar, beberapa tahun yang lalu meriam kuno masih di fungsikan oleh masyarakat sekitar, untuk membuat bunyi letusan yang menandakan waktu berbuka Puasa telah masuk.  Bunyi letusan di buat dengan memakai mesiu. Suasana Benteng begitu asri dengan lingkungan benteng yang bersih dari sampah, serta tumbuhan hijau rumput yang terlihat subur karena terawat dengan baik.

Meskipun mengalami beberapa renovasi, tapi Benteng Van der Capellen masih memiliki bentuk asli yang di pertahankan hingga sekarang. Kita bisa berkeliling bangunan Benteng untuk sesaat merasakan era Perang Padri pada zaman dahulu. Jika ingin mengulik informasi lebih lanjut tentang benteng ini, kita bisa langsung bertanya kepada petugas yang berjaga di dalam Benteng.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/benteng-van-der-capplenwisata-suasana-belanda-zaman-dulu
Comments
Loading...