Benteng Orange, Cagar Budaya Nasional di Gorontalo Utara

0 46

Benteng Orange

Benteng Orange terletak di atas bukit yang secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Dambalo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Benteng Orange telah ditetapkan sebagai sebagai Cagar Budaya Nasional pada tanggal 23 Mei 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Ir. Jero Wacik.

Lingkungan di sekitar Benteng Orange dikelilingi tanah perladangan dan terdapat tambak ikan yang berada di aliran Sungai Posso. Adapun batas-batas dari Benteng Orange adalah di sebelah Utara berbatasan dengan perkebunan kelapa, sebelah Selatan berbatasan dengan perkebunan kelapa/Sungai Posso, sebelah Timur berbatasan dengan perkebunan kelapa, dan sebelah Barat berbatasan dengan perkebunan kelapa/tambak.

Kedatangan Bangsa Belanda awal abad ke-17 di Gorontalo menyebabkan bangsa Portugis terdesak mundur dari wilayah Gorontalo. Pada abad ke-18 Benteng Orange diperbaiki oleh Bangsa Belanda dan dilakukan pula penambahan-penambahan serta perubahan pada bagian benteng tersebut, seperti bangunan-bangunan kecil di atas bukit sebagai tempat memantau dan pusat penembakan.

Panjang dinding Benteng Orange sisi sebelah selatan adalah 26,40 m, sisi barat 38,10 m, sisi utara 22,75 m, dan sisi timur 41,80 m, dengan tinggi benteng antara 2,00 m – 3,50 m. Ketebalan dinding benteng rata-rata 69 cm.

Bastion Benteng terletak di sisi Tenggara, bastion adalah bagian dinding benteng yang menjorok ke luar, difungsikan sebagai tempat untuk memantau dan tempat dudukan senjata/meriam. Bastion berdiameter 1,60 m dan tinggi 5,32 m, memiliki 3 buah embrasure (ceruk bidik/ dudukan senjata) lebar 1,18 m.

Pada bagian dalam benteng terdapat bangunan segi empat menyerupai bilik yang di dalamnya terdapat ruangan, berukuran: panjang: 4.50 m, lebar: 5,10 m, tinggi: 1,70 m. Bangunan tersebut diperkirakan berfungsi sebagai tempat menyimpan barang-barang/ benda-benda berharga. Selain itu, sebagai benteng pertahanan, Benteng Orange dilengkapi pula dengan sarana penunjang menara. 

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/adventure-travel/benteng-orange-cagar-budaya-nasional-di-gorontalo-utara
Comments
Loading...