Bendungan Kampili Gowa

0 93

Bendungan Kampili

Bendungan Kampili atau biasa disebut BK merupakan wisata yang baru populer di kalangan para penikmat keindahan alam, Bendungan kampili sendiri merupakan anak bendungan dari sungai jeneberang yaitu bendungan bissua dan sungai besarnya adalah bendungan Bili-bili. Keindahan yang ditawarkan bendungan ini ialah dari segi bebatuannya yang besar-besar dan berlubang dan sangat bagus untuk melakukan sesi pemotretan atau anak muda memakai istilah “selfi”.

  

Bendungan Kampili akhir-akhir ini sangat sering dibicarakan dan banyak muda-mudi yang berdatangan untuk berfoto-foto ataupun hanya sekedar duduk-duduk untuk menikmati suasana yang ada di Bendungan Kampili. Bendungan ini dibuat sebagai fungsi untuk menahan air dan digunakan untuk kebutuhan lain seperti sebagai bahan untuk perairan perkebunan untuk masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan, selain itu Bendungan Kampili juga biasa digunakan sebagai tempat hunting foto yang memilih tema alam karena disini banyak spot-spot indah yang mungkin tidak bisa ditemukan di bendungan lainya.

Kunjungan ke Bendungan Kampili sebaiknya dilakukan saat musim kemarau karena bila aliran air bendungan deras maka anda tidak akan dapat menikmati keindahan Bendungan Kampili. Pada musim hujan, bebatuan Bendungan Kampili akan dipenuhi dengan lumut, dan juga airnya akan berwarna cokelat serta mengalir dengan derasnya.

Namun pada saat musim kemarau, keaslian bebatuannya akan memancarkan keindahan, dan air yang mengalir pun jernih meskipun debit airnya sudah berkurang tidak seperti biasanya lagi.

Memasuki Bendungan Kampili Anda tidak dikenakan biaya alias gratis, Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan di sekitar Bendungan yaitu Rp. 2000/motor dan Rp. 5000/mobil. Bendungan ini memiliki keunikan karena konon katanya bendungan ini mirip dengan Grand Canyon atau ngarai besar yang terletak di kota Arizona.

Amerika Serikat. Bendungan Kampili terlihat biasa saja dari bagian depan dengan struktur yang sama dengan bendungan kebanyakan, terdapat sebuah got besar yang dilewati air yang mengalir sampai ke sawah penduduk.

Cobalah turun ke area bendungan karena tepat di bagian bawah bendungan terdapat batuan yang terbentuk secara alami menyerupai grand canyon. Diantara batuan dipisahkan oleh celah-celah yang mirip dengan ngarai yang harus dilewati dengan melompat.

Terdapat banyak sekali bebatuan yang saling terhubung dengan bentuk yang unik disertai lengkungan-lengkungan hasil bentukan alam. Banyak sumur-sumur kecil yang berisi air berwarna kehijauan yang tergenang menambah keindahan tempat ini.

Anda juga dapat menikmati air bendungan dengan mandi di bawah aliran air. Di sekitar bendungan sering terlihat banyak pengunjung yang memancing ikan, anda dapat memancing ikan air tawar disini tentunya dengan membawa pancing dan umpan sendiri. Akses menuju tempat ini sangat mudah hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam dari Makassar-Gowa menggunakan kendaraan bermotor. Bendungan Kampili terkenal juga akan pemandangannya, karna hamparan bebatuannya yang sangat banyak dan indah, sesekali ada orang yang menjadikan bendungan kampili sebagai backgruond untuk pemotretan pernikahan.

Source https://kabarwisata.com https://kabarwisata.com/2017/08/09/bendungan-kampili-gowa-grand-canyon-mini/
Comments
Loading...