Bendungan Jeuram Nagan Raya, Aceh

0 42

Bendungan Jeuram Nagan Raya

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ribuan keindahan alam yang memukau mata, kekayaan akan sumber daya alam menjadi ciri khas yang berbeda dari provinsi lain. Keindahan alam yang terdapat di aceh sangat beragam. Di antaranya adalah Bendung Jeuram (Irigasi) yang terletak di Kab Nagan Raya.

Nagan Raya merupakan sebuah kabupaten di Aceh yang berada di pesisir pantai barat selatan Aceh. Pusat Ibukotanya adalah Suka Makmue dengen jarak tempuh dari pusat kota Aceh 5-6 jam perjalanan atau sekitar 287 km. Kabupaten ini merupakan kabupaten pemekaran dari Aceh Barat pada july 2002 silam. Bendung Jeuram atau irigasi ini terletak di Desa Lhok Seumot -Meunasah Krung Kecamatan BeutongObyek wisata Bendungan Irigasi cukup besar yang dibangun pada tahun 1991-1993. Irigasi ini mengairi air ke sebagian besar area sawah petani dan perkebunan lainya yang sangat membantu masyarakat daerah kabupaten Nagan Raya untuk bertani dan ekonomi lainya. Air yang ada dari Irigasi ini berasal dari Hulu Sungai Beutong.

Pemandangan dari atas bendungan sangat memanjakan mata, terlihat air terjun yang begitu jernih dan pegunungan yang sangat indah sebagai latar, serta jembatan yang di desain sangat menarik. keindahan lainya juga terdapat pada tata wisata yang begitu bersih dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah setempat.

Setiap harinya wilayah ini di penuhi dengan para wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan alam, para wisatawan tersebut ada yang berdatangan dengen keluarga, kerabat, bahkan para pelajar dan maha siswa untuk liburan. Sangat menarik bukan? Para penduduk setempat di daerah tersebut juga sangat ramah dan mudah akrab dengen para pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Source http://suriadith.blogspot.com http://suriadith.blogspot.com/2016/07/wisata-alam-irigasi-nagan-raya_20.html
Comments
Loading...