Bendungan Batu Tegi, Keindahan di Lampung

0 34

Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu kawasan wisata yang mulai dilirik pengunjung nusantara maupun mancanegara di Lampung. Bendungan Batu Tegi terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bendungan ini merupakan bendungan terbesar se Asia Tenggara. Memiliki luas sekitar 3.560 hektar bendungan ini juga Berada diantara dua bukit. Bendungan Batu Tegi jaraknya kurang lebih 85 km dari Kota Bandar Lampung.

   

Dalam pembangunannya, bendungan ini terkenal mempunyai misteri tersendiri. Terlebih pada saat proses pembangunan bendungan, terdapat 13 pekerja yang meninggal. Konon, ada yang percaya kalau kematian 13 pekerja itu adalah tumbal untuk pembangunan tempat ini. Terlebih bendungan ini menempati area yang luas, 16 km2 dan volume 687.767 juta m3. Jika banjir datang volume akan naik menjadi 858.827 juta m3. Bendungan tersebut diresmikan oleh mantan Presiden RI yaitu, Megawati Soekarno Putri, pada tanggal 8 Maret 2004. Untuk mengenang kematian korban, maka dibuatlah Monumen 13.

Batu Tegi menjadi penampung air hujan dan akan di keluarkan dikala kemarau menyerang, sehingga petani yang selama ini hanya tadah hujan dapat tetap bercocok tanam saat kemarau melalui sungai sungai yang dialiri air dari Bendungan Batu Tegi. Bendungan Batu Tegi juga digunakan sebagai penyedia air baku bahan air minum disejumlah wilayah melalui PDAM yang tentunya sudah melalui pengolahan dan penyaringan hingga layak konsumsi. Bendungan juga berfungsi menyediakan pasokan listrik untuk PLN sebanyak 2x 14 mw di Lampung.

Di bendungan ini Anda dapat melihat hamparan luas air yang menakjubkan. Pemandangan yang disuguhkan membuat penikmatnya berdecak kagum. Udara yang sejuk dan segar juga menambah keindahan tempat ini. Anda juga dapat menikmati pemandangan bendungan ini melalui Dermaga (Jetty). Dermaga ini melawati jalan yang berkelok-kelok biasanya disebut dengan kelok delapan karena kelokannya dilihat dari atas seperti angka delapan. Dari sini terlihat jelas hampir keseluruhan pemandangan bendungan.

Turun lagi kebawah, terdapat satu buah dermaga Bendungan Batutegi. Tempat ini lah yang biasa orang jadikan spot untuk beristirahat karena kesejukannya. Disediakan pula jasa kapal-kapal kecil yang menawarkan jasa untuk berkeliling bendungan, dengan maksimal penumpang 7-10 orang.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/lampung/bendungan-batu-tegi-keindahan-penuh-misteri-dilampung.html
Comments
Loading...