Bendungan Amandit di Kab.Hulu Sungai Selatan

0 87

Bendungan Amandit

Mendengar nama amandit pastinay warga kalimantan selatan sudah tidak asing lagi dengan nama itu, selain merupakan nama sungai di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga merupakan salah satu nama bendungan kebanggan warga kalsel terutama warga Hulu Sungai Selatan.

 

Sumber air D.I Amandit adalah sungai Amandit yang dibendung di Desa Malutu kecamatan Padang Batung. Luas Areal yang dapat dialiri mencapai 5472 Ha, yang terbagi dalam wilayah layanan sebelah kiri dan kanan sungai Amandit tersebar di kecamatan Padang Batung, Kandangan, Sungai Raya, Simpur, dan Angkinang.

Akhir-akhir ini bendungan amandit mendapat kunjungan dari KEMENTRIAN PUPR, Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP mendampingi Inspeksi Kunjungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat DR Ir. M. Basuki Hadimuljono M.Sc ke Bendungan Amandit Desa Malutu Kecamatan Padang Batung beberapa waktu yang lalu.

Bendungan ini selain berfungsi untuk membantu perairan wilayah pertanian juga mengurangi kemungkinan terjadinya banjir di wilayah kota Kandangan dan juga di daerah nagara yang merupakan daerah dataran rendah dan rawa.

Selain itu juga banyak warga muda mudi kandangan yang menjadikan bendungan ini sebagai lokasi hunting foto tidaklah salh hal itu karena pemandangan yang disuguhkan juga sangat menarik untuk dinikmati.

Source asli-urang-banua.blogspot.co http://asli-urang-banua.blogspot.com/2016/10/bendungan-amandit.html
Comments
Loading...