Batutumonga : Desa Eksotis di Atas Awan Tana Toraja

0 63

Batutumonga

Menikmati panorama matahari terbit dengan gugusan awan-awan di Batutumonga yang spektakuler, paduan alam dan budaya Toraja yang menakjubkan. Jalan-jalan ke kota Tana Toraja, Toraja Utara, jangan sampai melewatkan Batutumonga. Dari daerah perbukitan ini, kita bisa menikmati keindahan seluruh kota Toraja dari atas lereng gunung Sesean. Batutumonga berada di kaki gunung Sesean yang cukup tinggi, berada di sini rasanya berada di ketinggian yang sama dengan gugusan awan yang terhampar mengelilingi bukit.

  

Medan Sulit Tapi Spektakuler

Dari pusat kota Toraja Rantepao, Sobat Pesona bisa sampai di Batutumonga dengan dengan dua cara, menumpang angkutan umum dari Pasar Bolu atau menggunakan mobil sewaan. Perjalanan menuju Batutumonga membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam. Karena medan yang ditempuh cukup sulit. Selain jalanan yang berkelok dan sempit, hanya seukuran satu mobil, sisi kiri dan kanan jalan berupa jurang menganga.

Saat yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan pedesaan di atas awan Batutumonga adalah di pagi hari, sesaat menjelang matahari terbit. Namun, pemandangan malam hari dari Batutumonga tak kalah indahnya. Dari Batutumonga, terlihat gemerlap kerlap kerlip lampu kota Rantepao yang berada di kaki bukit.

Situs Bersejarah

Batutumonga memadukan keindahan alam desa di atas awan dan rumah tradisional Toraja, Tongkonan. Selain itu, Batutumonga memiliki situs-situs peninggalan sejarah berupa makam-makam batu kuno yang memiliki nuansa magis. Di sini terdapat makam-makam kuno yang mudah ditemukan di sisi kiri kanan jalan.

Makam tua yang menarik untuk disinggahi adalah Bori Parinding di Kecamatan Sesean dan Lo’ko Mata di Kecamatan Sesean Suloara. Bori Parinding adalah sebuah kompleks pemakaman tua yang mulai dipakai pada tahun 1717. Jenazah yang dimakamkan di Bori Parinding merupakan keluarga bangsawan keturunan Nenek Ramba. Salah satu yang unik di pemakaman ini adalah keberadaan batu-batu menhir berukuran raksasa yang terletak di halaman depan Bori Parinding.

Fasilitas Penginapan

Kawasan ini memiliki beberapa guest house yang bisa disewa oleh para wisatawan. Salah satu guest house yang berada di titik tertinggi adalah Mentirotiku, artinya ’pemandangan yang indah dan luas’. Bangun tidur, langsung menikmati hamparan pemandangan lembah di bawah Batutumonga dan matahari terbit.

Source https://pesona.travel https://pesona.travel/keajaiban/210/menjelajahi-batutumonga-desa-eksotis-di-atas-awan
Comments
Loading...