Bali Shell Museum : Tempat Wisata Edukasi yang Menakjubkan Bali

0 49

Bali Shell Museum

Bali sudah dikenal luas sampai ke mancanegara. Banyak sekali tempat wisatanya yang terkenal diantaranya yaitu Pantai Kuta, Pantai Sanur, Tanah Lot, GWK, dan lain sebagainya. Namun ada lagi tempat wisata di Bali yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Namanya adalah Bali Shell Museum yang terletak di di Jalan Sunset Road, Kuta, Bali. Berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Denpasar. Dan jika di tempuh dari Bandara Ngurah Rai sekitar 15 menit.

Museum Kerang Bali atau Bali Shell Museum merupakan salah satu museum di Bali dan merupakan museum kerang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2009 oleh seorang kolektor dari surabaya yang bernama Oentoeng Sutanto. Di museum ini Anda bisa melihat aneka jenis kerang dan fosil lebih kurang 10  ribu jenis dari berbagai belahan dunia yang terdiri dari Kerang dan Fosil yang sudah berumur ratusan juta tahun yang lalu.

Hasil gambar untuk Bali Shell Museum

Bali Shell Museum mempunyai luas sekitar 1.500 m2 dengan koleksinya mencapai ribuan jenis kerang. Museum ini selain menjadi objek wisata budaya juga memenuhi aspek pendidikan sehingga sangat pas jika dikunjungi oleh Anda dan buah hati. Bali Shell Museum lokasinya sangatlah mudah ditemukan. Selain karena letaknya di pinggir jalan besar, bangunannya pun berbentuk unik dan juga lain daripada yang lain. Sebuah bangunan dengan papan petunjuk yang mencolok yang terletak di bagian atas museum yaitu berupa ornamen berbentuk ombak warna biru dengan tulisan besar Bali Shell Museum. Jadi Anda tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan lokasinya.

Hasil gambar untuk Bali Shell Museum

Pemilik museum ini bernama Stephen dan ia sudah sejak kecil tertarik dengan dunia kerang. Selama puluhan tahun ia mengumpulkan kerang, serta traveling ke seluruh dunia untuk mengoleksi fosil kerang langka. Bali Shell Museum ini merupakan salah satu hasil kerja kerasnya. Dan tak tanggung-tanggung, karena museum ini dibangun dengan biaya hingga Rp 6 miliar. Bali Shell Museum menyimpan koleksi lebih kurang sekitar 10 ribu aneka kerang dan fosil yang berasal dari berbagai negara yang usianya sudah purba antara 100 – 150 juta tahun. Bisa Anda bayangkan betapa lengkap dan sarat nilai sejarah dari museum ini. Berbagai benda-benda purba yang tersimpan didalamnya secara konsisten dan telaten diurus dan dijaga sebaik-baiknya sehingga meskipun umurnya sudah sangat tua namun masih terlihat seperti bentuk aslinya ketika masih hidup.

Hasil gambar untuk Bali Shell Museum

Dengan gaya bangunan yang modern, di Bali Shell Museum terdiri dari 3 lantai yang di fungsikan sebagai tempat pemajangan aneka jenis kerang dan fosil dari seluruh dunia. Masuk ke dalam museum, Anda akan dihadapkan pada galeri indah berisi aneka aksesoris berbahan kerang. Ada lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang ditata apik. Di lantai satu museum ini memang difungsikan sebagai artshop yang menjual berbagai souvenir kerajinan kerang.

Hasil gambar untuk Bali Shell Museum

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/bali/bali-shell-museum-wisata-edukasi-yang-menakjubkan.html
Comments
Loading...