Bale Tani Jombang

0 84

Bale Tani Jombang

Perkembangan wisata edukasi di Kabupaten Jombang makin semarak. Setelah munculnya Goa Jepang di Mojoagung, berikutnya hadir tempat wisata edukasi bernama Bale Tani. Sesuai namanya, wisata Bale Tani ini merupakan surga bagi anda pencinta bidang pertanian. Lokasi wisata edukasi ini berada di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Bagi anda yang ingin mengajarkan pertanian kepada anak-anak wisata ini, bisa dijadikan rujukan. Wisata Bale Tani ini baru dibuka untuk umum sekitar bulan Juli 2017 lalu. Lokasi Bale Tani, berdekatan dengan pabrik sepatu Venezia, sehingga memudahkan setiap wisatawan yang akan berkunjung ke obyek wisata terbaru di Jombang selatan ini.

Jenis pertanian yang dikembangkan di tempat wisata ini juga cukup beragam. Antara lain hidroponik, hortikultura, persawahan, dan ladang. Bahkan, tersedia pula peternakan sapi dan perikanan. Ragam pendidikan pertanian yang dikembangkan di destinasi wisata Bale Tani memang banyak. Hal tersebut didukung oleh fakta bahwa lokasi Bale Tani, dulunya merupakan pusat peternakan sapi.

Pihak pengelola mengubah strategi bisnis dan mengarahkan Bale Tani menjadi wisata buatan yang menarik sekaligus rekreatif. “Memang tujuannya sebagai edukasi, khususnya buat anak-anak dan remaja. Karena melihat saat ini lahan pertanian sudah mulai habis dibangun gedung,” Kata Abidin, selaku salah satu karyawan pengelola wisata ini.

Selain sebagai tempat edukasi pertanian dan peternakan, lokasi wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa spot selfie. Spot selfie tersedia di depan aula wisata pertanian. Disitu terdapat gambar sayap besar yang dapat digunakan untuk bergaya. Selanjutnya, anda juga bisa bergaya ala tukang kebun di sela-sela aneka tanaman sayur yang terletak di bagian tengah.

Menuju ke bagian belakang wisata, terdapat puluhan payung berwarna-warni tergantung diatas rumah-rumah peternakan kelinci. Tak lupa, spot foto sepeda dengan hiasan bunga dengan background love dibelakangnya. Spot ini menjadi favorit setiap pengunjung taman ini.

“Sudah dua kali ini kesini, lokasinya bagus buat selfie dan keren. Apalagi buat anak-anak sekolah yang ingin mengenal pertanian,” kata Ajun, pengunjung dari Jawa barat. Bahkan, anda juga bisa mengadakan pendidikan dan pelatihan keprofesian di Bale Tani ini dengan nyaman. Aula Bale Tani dilengkapi dengan tata suara dan ruang yang bagus serta didukung lingkungan nyaman.

Biaya sewa rumah-rumah panggung Bale Tani juga cukup terjangkau, yakni sekitar dua juta untuk masa sewa satu hari satu malam. Harga tersebut tidak termasuk biaya konsumsi. “Sering di pakai LDK sama pegawai-pegawai sama anak sekolah juga dan paling ramai kalau musim liburan,” tambah Abidin, petugas di Bale Tani.

Kunjungan wisatawan yang makin ramai, pihak manajemen pun segera berbenah diri dengan melakukan penyesuaian. Namun, harga Tiket masuk Balai Tani tetap Rp5.000 per orang, baik anak kecil maupun orang dewasa untuk sekali masuk. Sementara untuk parkir kendaraaan sepeda motor, tarifnya Rp2.000 untuk satu kendaraan.

Source https://faktualnews.co https://faktualnews.co/2018/04/15/bale-tani-jombang-tempat-berwisata-sekaligus-belajar-pertanian/76818/
Comments
Loading...