Balai Adat Malaris ini Salah Satu Wisata Sejarah di Loksado

0 10

Balai Adat Malaris

Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan jangan lupa untuk mengunjungi Balai Adat Malaris yang merupakan rumah adat penduduk Suku Dayak Meratus. Balai Adat Malaris adalah rumah adat Kalimantan berupa rumah panggung yang mempunyai bentuk memanjang.

Panjangnya mencapai 45 meter, membuat Balai Adat Malaris merupakan balai adat terpanjang yang dimiliki Suku Dayak Meratus. Dindingnya berupa anyaman bambu, sementara dibagian dalamnya terdapat kamar-kamar berukuran kecil pada bagian sisinya. Ada sedikitnya 40 kamar/bilik didalam rumah adat ini.

 

Dibagian tengah rumah adat terdapat ruangan luas yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan upacara adat. Salah satu upacara adat yang terkenal disini adalah Aruh Ganal (upacara besar), yang dilakukan usai panen raya. Upacara ini merupakan upacara pengucapan syukur atas hasil panen yang berlimpah kepada roh para leluhur.

Acara Aruh Ganal sendiri jika berlangsung bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Untuk itulah adanya kamar/bilik-bilik dimaksudkan untuk menampung warga Suku Dayak Meratus yang terlibat dalam acara ini. Sayangnya saya datang tidak pada waktu acara Aruh Ganal berlangsung. Indonesia kaya akan budaya dan kearifan lokalnya. Saya bangga menjadi bagian dari bangsa ini.

Source https://jelajahlangkah.com https://jelajahlangkah.com/2017/06/16/balai-adat-malaris/
Comments
Loading...