Warning: unlink(/tmp/8048c0ecc0677050e44189ea5311d985-L7kTrr.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Balai Adat Indra Perkasa, Bangunan yang Kaya Budaya

0 94

Balai Adat Indera Perkasa

Pesona Balai Adat Indera Perkasa dapat dilihat ketika sudah memasuki area gedung, Anda dapat menemukan Balai Utama dengan ukuran yang cukup besar lengkap dengan lima buah balai kecil yang mengelilingi di kedua sisinya. Saat masuk lewat pintu depan, Anda akan disambut dengan deretan puisi – puisi Gurindam 12 yang terpajang megang di dindingnya.

Dari bagian depan tersebut, Anda juga dapat melihat langsung pemandangan laut beserta dermaganya yang sangat panjang dan menjorok ke lautan. Seperti yang sudah dikatakan pada paragraf pembuka, bahwa gedung ini berhadapan dengan salah satu pantai terkenal yang ada di kota Tanjung Pinang.

Bagian dalam gedung tidak kalah menakjubkan. Terdapat barisan foto para Sultan yang pernah memimpin di zaman dahulu dan dipajang pada dinding bagian atas gedung. Ruangan yang ada di dalam ini memang khusus didesain untuk acara pernikahan. Sehingga, jangan kaget bila Anda menemukan panggung pelaminan seolah seperti baru saja ada pasangan yang melangsungkan pernikahannya di gedung ini.

Biasanya, yang melakukan acara pernikahan di gedung ini adalah para penduduk asli yang tinggal di Pulau Penyengat. Bahkan, bukan hanya satu, melainkan terdapat 3 buah panggung pelaminan sekaligus dalam satu gedung Balai Adat Indera Perkasa dengan desain khas Melayu.

Pada sisi kanan dari arah Balai Utama yang terdapat di depan, ada ruangan yang disebut dengan kamar pengantin. Kamar tidur pengantin diberi warna kuning dengan kelambu putih dan hiasan kain yang megah terpasang di dinding kamar menambah daya tarik gedung. Gedung ini memiliki struktur bangunan yang sangat mirip dengan rumah panggung.

Terdapat mata air yang tersedia di area bawah gedung. Pengunjung yang datang biasanya membasahi wajah atau sekadar berkumur – kumur untuk merasakan kesegaran mata air alami yang ada di kota Tanjung Pinang. Sensasi mata air yang dingin akan menepis panasnya terik matahari.

Fasilitas di Balai Adat Indera Perkasa

Bila bicara mengenai fasilitas yang tersedia di area sekitar gedung ini akan ada banyak sekali, mulai dari tempat makan, penginapan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Akan tetapi, lain cerita dengan fasilitas di gedung itu sendiri, hanya ada guide yang setia menemani sembari menjelaskan informasi seputar gedung.

Sejarah Balai Adat Indera Perkasa

Sejak dahulu hingga sekarang ini, keberadaan Balai Adat Indera Perkasa dimanfaatkan untuk pertemuan atau acara penting yang sifatnya formal. Bedanya, di zaman itu para Sultan berkumpul di gedung untuk membicarakan sesuatu yang penting dan bersifat tertutup. Berbeda dengan yang terjadi pada sekarang. Keberadaan gedung memiliki satu fungsi tambahan, yaitu sebagai objek wisata khas dari Tanjung Pinang, sehingga status gedung yang tadinya bersifat tertutup menjadi terbuka untuk umum. Namun, bukan berarti hal ini akan menurunkan keeksklusifan gedung. Gedung ini tetap istimewa karena pertemuan atau acara yang diadakan di dalamnya bersifat penting atau sacral.

Daya Tarik Balai Adat Indera Perkasa

Pada paragraf di atas sudah dijelaskan bahwa terdapat informasi bahwa ada 3 panggung pelaminan sekaligus di dalamnya. Pada hari biasa, atau tidak sedang ada acara khusus di gedung, ketiga pelaminan ini yang umum menjadi daya tarik pengunjung, terutama untuk mengambil foto dengan latar pelaminan yang sangat kental dengan nuansa Melayu.

Tips Berwisata ke Balai Adat Indera Perkasa

Masih ingat sumur yang menyimpan mata air di bagian bawah Balai Adat Indera Perkasa dan dijelaskan pada sub judul awal? Sebagian besar masyarakat di sana percaya bahwa jika membasuh wajah menggunakan air ini akan membawa dampak yang baik, yaitu berupa kesehatan dan dipertemukan segera dengan jodohnya. Namun, bila Anda tidak percaya dengan hal tersebut pun juga tidak ada salahnya menikmati mata air yang sangat jernih ini karena akan terasa sangat dingin dan segar. Sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja.

Jam Buka Balai Adat Indera Perkasa

Gedung ini buka setiap hari untuk dikunjungi, mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, kecuali bila ada pertemuan atau acara penting yang diadakan di dalamnya. Anda tidak perlu membayar tiket masuk karena memang tidak ada biaya untuk tiket masuk ke dalam gedung.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Balai-Adat-Indra-Perkasa
Comments
Loading...