Arung Jeram di Sungai Air Manna, Bengkulu

0 118
Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olah raga. Mengarungi jeram di hulu Sungai Manna (sebelah Tenggara Gunung Dempo) sangat mengasyikkan dan sekaligus mendebarkan. Rafting, paling sering digunakan di Pelatihan dan Kejuaran  Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi “surga” bagi Petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi.
  
Sungai Air Manna merupakan daerah aliran sungai yang masih alami, jernih dan belum tercemar oleh limbah. Lokasi sungai ini terpencil, jarang terdapat pabrik berlimbah kimia yang dialirkan di sungai ini. Selain hal tersebut, menurut penduduk sekitar, sungai ini memang jarang sekali dipakai untuk kegiatan arung jeram yang besar seperti Rafting Course and fun rafting 2006 yang diselenggarakan oleh Mapetala Universitas Bengkulu. Karena memang arung jeram sendiri belum begitu popular di daerah ini. Terbukti dengan belum adanya operator arung jeram sehingga untuk menunjang kegiatan ini masih sulit dan masih sangat sedikit OPA (Organisasi Pecinta Alam) yang mempunyai divisi arung jeram.

Sungai ini tepatnya berlokasi di Dusun Air Tenam, Desa Batu Aji, Kecamatan Hulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Sepanjang aliran sungai merupakan jalan yang menghubungkan Bengkulu Selatan dengan Pagar Alam, Lahat, Sumatra Selatan. Sungai Air Manna termasuk sungai yang layak untuk dipakai olahraga arung jeram. Namun hanya dimulai dari daerah perbatasan sampai daerah wilayah wisata Air Terjun Geluguran yang jaraknya kurang lebih 10 km. Sedangkan aliran sungai dari daerah Wisata Air Terjun Geluguran sampai muara Sungai Air Manna kurang menantang untuk olahraga Arung Jeram, karena tidak banyak dijumpai jeram dan termasuk dalam kategori easy ( mudah ).

Sedangkan untuk tingkat kesulitan berarung jeram Sungai Air Manna dapat dibagi menjadi 2 kategori (Skala Internasional & Western), yaitu :

Kategori Difficult ( sulit )

Aliran sungai dengan kategori ini dapat dijumpai pada perbatasan Bengkulu, Sumatra selatan sampai ke Dusun Air Tenam dengan jarak kurang lebih 3 km.

Kategori Medium ( sedang )

Kategori ini dimulai dari daerah Dusun Air Tenam sampai ke daerah wisata Geluguran dengan jarak kurang lebih 7 km.

Volume / Debit Air Sungai Air Manna

Debit air sungai adalah besarnya aliran sungai per satuan waktu ( m3/detik ). Berdasarkan hasil penelitian Mapetala Universitas Bengkulu, Besarnya aliran sunagi per satuan waktu di Sungai Air Manna yaitu 277,07 m2/ detik. Sedangkan sungai yang dapat digunakan untukk berarung jeram mempunyai debit air antara 800 cfs atau 250 m3/detik sampai 10.000 cfs atau 300 m3/ detik.

Gradient / tingkat kemiringan Sungai Air Manna

Gradient menunjukan nilai rata rata penurunan dalam meter sepanjang jarak tertentu ( km ). Gradient dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kecepatan aliran sungai. Gradient Sungai Air Manna dari Bengkulu-Sumsel sampai Dusun Air Tenam yaitu rata-rata 14 m/ 10,562 km. Sedangkan dari Dusun Air Tenam sampai daerah wisata Geluguran tingkat kemiringannya yaitu 18 m/ 12,792 km. diambil dari buku panduan rafting course & Fun Rafting 2006 ( Lelly)

Source https://catros.wordpress.com https://catros.wordpress.com/2007/05/09/sungai-air-manna/
Comments
Loading...