Arowisata “Abadi Jaya Sp4” di Kab. Muna Barat

0 46

Arowisata “Abadi Jaya Sp4”

Desa Abadi Jaya adalah desa yang dulunya merupakan wilayah transmigrasi sekitar tahun 80an. karena dulunya daerah transmigran sehingga ciri penduduknya heterogen. di dalam desa ini berbaur suku,budaya dan agama yang beragam. seperti suku jawa,sunda,lombok,bali,toraja,bugis dan penduduk asli pulau muna. namun begitu sama sekali tidak ada konflik antar warganya. justru yang ada adalah pembauran budaya yang bergam menjadi satu tampilan kebudayaan yg memiliki corak khas.

Keunggulan Desa ini adalah di sektor pertanian, budaya yang beragam dan keindahan alamnya yang masih terjaga. ketika sahabat treveler memasuki desa ini maka mata anda langsung disuguhi jejeran sawah yang terbentang panjang di sisi kanan dan kiri jalan sepanjang kurang lebih satu kilo meter sebelum memasuki pemukiman. karena keindaahan sawah di desa ini, banyak pengguna jalan yang pertamakali datang ke desa ini tidak segan-segan berhenti dan ber “selfie” ria depan kamera waktu tepat untuk datang ke area persawahan ini adalah ketika pagi hari tepanya ketika “sunrise”.

Tidak hanya sawah, biasanya di beberapa titik sawah dilengkapi dengan kolam ikan natural alias rawa dan tanaman sayur-sayuran. disamping itu sangat banyak kebun-kebun buah warga yang sahabat treveler bisa kunjungi. contoh, kebun buah jeruk siam,rambutan, kebun kacang mente, kebun jagung, kebun semangka, kebun melon, kebun kelapa, kebun kelapa sawit, kebun coklat/kakao,kebun sayur-mayur dan banyak lagi. waktu yang paling tepat teman treveler datang ke desa cantik ini adalah sekitar bulan desember, februari dan sekitar bulan juni.

Di bulan desember biasanya sedang musim jambu mente, jadi bisa lihat masa panen jambu mente. sekitar bulan februari adalah musim rambutan. Nah untuk yang satu ini sahabat jangan sampai ketinggalan sensai makan rambutan diatas pohonnya ketika sedang panen. huuhhh mantaap.. dan sekitar bulan juni adalah musim tanam padi. nah untuk sahabat treveler dari luar daerah atau perkotaan jangan sampai lewatkan momen saat petani gotong royong nanam padi di sawah.

Hasil gambar untuk Agrowisata “Abadi Jaya Sp4”

Pasti keren untuk diabadikan terlebih lagi ketika padi sudah benar-benar ditanam dan menjadi hamparan sawah yg luas.. Tapi di hari-hari biasa juga sobat treveler masih bisa melihat kebun-kebun buah lain yang berbuah hampir setiap tahun, seperti buah kelapa, jeruk kebun, kebun buah jangka pendek dan sayur mayur dll diwaktu-waktu tertentu sahabat treveler juga bisa saksikan parade “Reok ponorogo”yang dibawakan oleh masyrakat suku jawa yang menetap di desa eksotis ini.

Source https://fauzihisbullah.wordpress.com https://fauzihisbullah.wordpress.com/2014/09/17/destinasi-wisata-muna-barat/
Comments
Loading...