Argowisata Sapi Perah Cepogo Boyolali

0 208

Argowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah merupakan tempat memproduksi Susu sapi yang sudah terkenal di mana-mana. Saking terkenalnya. Selain pengunjung bisa menikmati minuman susu sapi segar, juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang begitu mempesona.

Akes Menuju Agrowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah Cepogo Boyolali sudah terkenal di mana-mana. Saking terkenalnya, sampai-sampai ada lirik dalam suatu lagu campursari yang menyebutkan susu Boyolali. Selain pengunjung bisa menikmati minuman susu sapi segar, juga bisa menikmati suasana alam sekitarnya yang begitu mempesona.

Sejak menuju lokasi Agrowisata Sapi Perah Cepogo saja sudah disuguhi keelokan topografi alam pegunungan dan udara yang sejuk. Belum lagi suguhan kemegahan puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berada di antara kedua sisi lokasi agrowisata ini.

Lokasi Agrowisata Sapi Perah

Agrowisata Sapi Perah terletak di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wilayahnya berada di ketinggian sekitar 800 meter dari atas permukaan laut. Dengan ketinggian tempat seperti ini sudah tentu temperatur udara di sekitarnya terasa sejuk. Untuk peternakan sapi perah sudah tentu sangat cocok. Tumbuh kembang sapi perah bagus dan produktivitas susunya juga tinggi. Kualitas susu yang dihasilkan juga tinggi.

Untuk menuju lokasi agrowisata ini terbilang sangat mudah karena sudah tersedia akses jalan dan infrastruktur lainnya yang begitu memadai. Hanya saja, para pengunjung atau wisatawan harus menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima. Karena terkadang dijumpai ada jalan yang sedang dalam proses perbaikan dan kondisi jalan yang menanjak sehingga butuh konsentrasi tinggi saat mengendarai kendaraan. Namun, rasa lelah Anda akan segera terbayarkan oleh lanskap pegunungan sekelilingnya yang begitu memukau. Dari Kota Boyolali hanya berjarak sekitar 13 km ke arah barat.

Aktivitas Agrowisata Sapi Perah

Bila pengunjung ingin menyaksikan segala aktifitas kegiatan peternakan sapi perah di agrowisata ini, sebaiknya bermalam di sini atau berwisata selama sehari penuh sampai malam. Pengunjung bisa turut serta berinteraksi dengan para peternak sapi perah, mulai dari pemberian pakan, membersihkan kandang, membersihkan sapi, sampai dengan pemerahan susu. Pengunjung diperbolehkan memerah sapi sendiri yang tentunya didampingi oleh sang ahli. Berdasarkan pengalaman para peternak sapi di agrowisata, produksi susu sapi per hari bisa mencapai 10-15 liter per ekor.

Dengan udara yang sejuk, curah hujan 9.000 mm per tahun membuat jenis-jenis sapi subtropis mampu tumbuh kembang dengan baik. Tak hanya di Kecamatan Cepogo, di kecamatan lainnya juga sapi-sapi subtropis ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, antara lain : Kecamatan Selo, Boyolali, Musuk, dan Mojosonga.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...