Arboretum Sumber Brantas Malang

0 41

Berwisata menikmati keindahan alam pegunungan dan pantai, ini sudah menjadi hal biasa. Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman wisata di taman bunga sambil mengenal berbagai macam flora, cobalah mengunjungi Arboretum Sumber Brantas yang ada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Arboretum merupakan lahan yang dipenuhi dengan tanaman, pepohonan, dan bunga-bungaan. Arboretum ini berada di lereng bukit sisi timur Gunung Anjasmoro dengan ketinggian 1.500 mdpl. Menariknya, kawasan konservasi ini memiliki titik nol mata air Sungai Brantas.

Berada di sini, Anda akan melihat keindahan taman bunga dengan latar belakang pemandangan pegunungan dan perbukitan. Kehijauan dan kesejukan yang ditawarkan membuat pengunjung ingin berlama-lama menikmatinya. Tak hanya pemandangan yang eksotis, koleksi bunga dan pohon-pohon langka di tempat ini juga terlihat menggoda.

Koleksi tanaman Arboretum Sumber Brantas ada sekitar 3.200 pohon. Di sini, traveler dapat melihat pohon kayu manis (Cinnanonum burmani), kayu putih (Eucalyptus sp), gagar (Fraxinus griffiti), cemara duri (Araucaria sp), cemara gunung (Casuarina junghuhniana), pinus (Pinus merkusii), beringin (Ficus benjamina), dan lainnya.

Jika sudah lelah berjalan menelusuri perkebunan, traveler juga dapat mengunjungi lokasi sumber air Brantas. Dari mata air inilah sumber air Sungai Brantas berasal. Kawasan ini juga dikenal sebagai titik nol sumber air hulu Sungai Brantas. Tetesan air yang jernih dan sejuk dengan debit 0,5 liter per detik mengucur di lubang sumur berdiameter satu meter. Konon, sumber air tersebut diyakini memiliki khasiat membuat awet muda.

Arboretum Sumber Brantas terletak di Dukuh Sumber Brantas, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang. Letaknya di lereng timur Gunung Anjasmoro, kurang lebih 18 km sebelah utara Kota Batu atau dekat dengan Taman Hutan Rakyat (Tahura).

Source https://www.inews.id https://www.inews.id/travel/destinasi/wisata-di-arboretum-sumber-brantas-malang-unik-ada-titik-nol-mata-air/441245
Comments
Loading...