Anjungan Sumatera Utara, di Taman Mini Indonesia Indah

0 82

Anjungan Sumatera Utara 

Anjungan Sumatera Utara merupakan salah satu Anjungan Daerah di Taman Mini Indonesia Indah. Anjungan ini menampilkan empat buah rumah adat dan sebuah rumah peranginan atau tempat beristirahat. Rumah adat tersebut paling barat adalah rumah adat Batak Karo disebut Siwaluh Jabu, rumah adat Nias Selatan dan paling timur adalah rumah adat Batak Toba, disebut rumah Bolon atau rumah besar atau rumah besar. Sedangkan di halaman depan dibangun sebuah tempat peranginan dengan ciri bangunan masa kerajaan Melayu yang terkenal dengan hikayat Puteri Hijau.

 

Berdekatan dengan Anjungan Sulawesi Selatan, terdapat Anjungan Sumatera Utara yang lokasinya juga masih satu kompleks dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke wisata ke Sumatera Utara, tempat ini dijamin akan memuaskan rasa penasaran Anda dengan sajian 4 buah bangunan adat, yang terdiri dari rumah adat Batak Toba, Nias, Batak Karo dan Batak Simalungun. Di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820.

Bangunan lain yang tidak kalah cantik yakni tiruan ‘tempat peranginan’ (Panca Persada) yang dimiliki oleh suku Melayu. Setiap hari Minggu dan hari libur, bangunan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan kesenian untuk menyambut pengunjung. Sama seperti anjungan-anjungan lainnya, di kompleks wisata budaya ini Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja. Anjungan ini buka mulai pukul 07.00-22.00.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Anjungan_Sumatera_Utara
Comments
Loading...