Amphitheater Woloan, Destinasi Wisata Sejarah di Kota Tomohon

0 76

Amphitheater Woloan

Sejuta pesona alam dan beragam spot objek wisata, bisa Anda jajal di Kota Tomohon. Satu diantaranya, Amphitheater Woloan yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Amphitheater Woloan ini berada di Kelurahan Woloan I. Diresmikan oleh mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, medio 2006 lalu. Objek wisata nuansa pemandangan alam plus sedikit nuansa budaya dan sejarah bisa Anda nikmati di sini.

Dikatakan Didi Karundeng, pengelola tempat wisata ini, total area Amphitheater Woloan ini sekira tiga hektare, dengan spot utama yang ditawarkan adalah keindahan alam, pemandangan ala pedesaan berlatar belakang Gunung Lokon.

“Ada Amphitheater tentu saja, berdiameter setengah lingkaran. Di mana, jika di hari-hari tertentu, ada gelaran seni budaya, pertunjukan bahkan tak jarang sejumlah pasangan sering melakukan pemotretan pra wedding di sini,” ungkap Karundeng.

Tak hanya itu, sebelum masuk ke gedung Amphitheater berwarna putih hijau ini, Anda akan disambut dengan jejeran situs Waruga. Kubur batu zaman dahulu, namun berkat pengelolaan yang diinisiasi PT Ekowisata ini, kelestarian peninggalan tahun 600-1930 SM bisa terawat.

“Ada juga bongkahan tembikar alat-alat masak dan sehari-hari masyarakat mula-mula di Woloan. Tak sengaja ditemukan saat pembangunan Amphitheater tahun 2004 lalu. Ditaksir sudah ada sejak tahun 1910. Karena memang dulu, kompleks pembangunan gedung ini, salah satu daerah pemukiman warga Katinggolan (sebutan Woloan dulu, red),” bebernya.

Pihaknya pun kini telah bekerja sama dengan pemerintah setempat. Guna penyediaan lahan parkir yang proporsional. Wajar, di lokasi ini, ketersediaan sarana pendukung seperti pusat kuliner dan hasil kerajinan tangan masih belum tersedia.

“Sudah ada kesepakatan dengan pemerintah, nantinya akan dibangun lahan parkir, ada bagi hasil retribusi parkir. Kalau saat ini masih murni dikelola pemilik. Untuk foto-foto, prewedding dan penelitian arkeologi juga bisa. Banyak wisatawan asing sering datang. Macam-macam, dari Eropa, Amerika dan Tiongkok,” jelasnya.

Soal tiket masuk sangat terjangkau. Dengan Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam di sebagian Kecamatan Tomohon Barat ini. Berplesir sambil belajar soal nilai-nilai sejarah, pastinya masuk referensi menghabiskan akhir pekan Anda bersama orang tercinta.

Source https://manadopostonline.com https://manadopostonline.com/read/2018/10/20/Menikmati-Keindahan-Alam-Sambil-Belajar-Sejarah/47684
Comments
Loading...