Air Terjun Watu Ondo Wisata Alam di Kota Magetan

0 125

Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo merupakan salah satu wisata air terjun yang mulai dipromosikan di kabupaten Magetan. Ketinggian air terjun yang cukup tinggi dan berada di tepi pedesaan menjadi daya tarik tempat ini.

Keberadaannya menjadi wisata alternatif bagi wisatawan yang sudah bosan berulangkali berkunjung ke Telaga Sarangan. Air Terjun Watu Ondo berada di wilayah Wana Wisata Pundak Kiwo, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan bentuk air terjun yang bertingkat-tingkat.

Akses Menuju Air Terjun Watu Ondo

Lokasi Air Terjun Watu Ondo ini berada di tepi pedesaan yang jauh dari jalan raya atau jalan utama. Minimnya papan petunjuk jalan menuju ke lokasi Air Terjun Watu Ondo membuat tempat ini jarang diketahui wisatawan. Selain itu kerusakan jalan dan sempitnya akses jalan menjadi kendala untuk menuju ke tempat ini. Kami sempat beberapakali tersesat dan menanyakan rute jalan menuju ke Air Terjun Watu Ondo.

Fasilitas Air Terjun Watu Ondo

Area parkir yang tersedia di kawasan Air Terjun Watu Ondo cukup sempit, hanya mampu menampung puluhan kendaraan roda dua dan beberapa kendaraan roda empat. Kondisi pintu masuk dan pos retribusi juga tidak berbeda karena belum dibuat bangunan permanen dan terkesan tidak ada perbaikan. Walaupun telah menjadi wisata alternatif di kabupaten Magetan, obyek wisata Air Terjun Watu Ondo belum mengalami pembangunan dan penambahan fasilitas yang mendukung obyek wisata.

Mitos Air Terjun Watu Ondo

Mitos yang berkembang, Air Terjun Pundak Kiwo (Watu Ondo) dikenal sebagai petilasan dari Eyang Singo Wijoyo. Air dari petilasan ini dianggap berkasiat sehingga tidak jarang pengunjung yang datang menyempatkan mandi di bawah air terjun ini. Diatas air terjun juga terdapat prasasti Pundak Kiwo yang dipercaya sebagai petilasan Eyang Ongko Wijoyo.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/air-terjun-watu-ondo-magetan.html
Comments
Loading...