Air Terjun Watu Lapis Wisata Alam di Lumajang

0 161

Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis merupakan salah satu wisata alam yang memiliki keindahan tiada duanya yang terletak di Mbenciran, Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Lokasi wisata air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Tak ada angkutan umum yang melewati kawasan ini. Jarak tempuh sekitar 35 Km dari pusat kota Lumajang dengan estimasi perjalanan sekitar 1.5 jam perjalanan. Wisata ini masih tergolong baru di kalangan wisatawan lokal maupun nonlokal. Awal tahun 2013 ditemukan dan sekitar.

Bulan Mei 2013 baru diresmikan oleh Bupati Lumajang yang secara langsung mengunjungi tempat ini Objek wisata air terjun Watu Lapis ini terletak ditengah hutan kopi milik warga sekitar. Perjalanan menuju tempat wisata sudah dapat dilalui sepeda motor sekitar 1 Km dari rumah warga dan sudah tersedia tempat parkir di area wisata. Namun jalan masih belum begitu baik karena masih dalam proses pembangunan. Bisa juga sepeda parkir dirumah warga dan berjalan menuju lokasi air terjun selama 20 menit. Pilihan untuk parkir di wumah warga sangat tepat ketika musim hujan seperti ini dan bukan musim libur sekolah karena tempat parkir belum ada penjaganya.

Berjalan menyusuri perkebunan warga lebih mengasyikkan daripada beradu adrenalin mengendarai motor dengan medan bergelombang seperti ini. Pemandangan lembah pegunungan nan indah di depan mata menggugah selera untuk berfoto. Wisatawan dapat menikmati sejuknnya hawa dingin pegunungan ditambah rimbunnya pohon kopi di kanan kiri jalan.

Langkah kaki seolah didorong semangat seiring dengan kicauan burung silih berganti dan bunyi air mengalir di kanan kiri jalan. Terkadang dalam perjalanan juga dapat menikmati wahana air mancur dari pet bocor. 15 menit berjalan, sampailah sudah di tempat parkir dan pintu masuk kawasan wisata air terjun Watu Lapis ini. Jika musim liburan maka dikenakan karcis masuk 2000 per orang dan terdapat penjaga parkirnya.

Derasnya air terjun dari ketinggian 20 meter seolah memanggil manggil wisatawan untuk segera kesana menikmati indahnya alam yang disuguhkan. Air yang jernih jatuh dari ketinggian membentuk pola yang begitu indah. Derasnya aliran air melewati batuan yang berlapis lapis, sehingga orang menyebutnya watu lapis. Ornamen dinding baruan cadas hitam sangat memukau bagi siapa saja yang datang.

Air yang jatuh membentur genangan air dibawah memberikan efek suara alam yang natural. Aliran air sepanjang sungai juga sangat bagus. Takjub akan indahnya alam semesta ini hanya bisa dilakukan dengan rasa syukur kepada Allah yang memberi nikmat yang begitu besar.

Source https://hafidhmind.wordpress.com https://hafidhmind.wordpress.com/2014/02/07/air-terjun-watu-lapis-pasrujambe-lumajang/
Comments
Loading...